Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiga Sektor Ini Jadi Fokus Investasi dari Singapura

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan BKPM akan menindaklanjuti kerja sama investasi antara Indonesia dan Singapura dengan fokus pada tiga sektor, yaitu maritim, infrastruktur, dan manufaktur.

Menurutnya, BKPM akan menggandeng lembaga pemerintah Singapura terkait investasi dan perdagangan luar negeri untuk mendorong masuknya investasi Singapura di ketiga sektor tersebut.

Hal itu disampaikan Franky di sela-sela menyertai Presiden Jokowi dalam kunjungan kenegaraan di Singapura, Selasa (28/7/2015).

"Dalam kegiatan business forum Indonesia-Singapura, kami mengadakan pembicaraan dengan kepala lembaga pemerintah Singapura yang mengurusi investasi dan perdagangan luar negeri Singapura untuk menindaklanjuti kunjungan Presiden Jokowi ini. Kami menyepakati untuk bekerja sama mendorong masuknya investasi Singapura sektor maritim, infrastruktur, dan manufaktur. Ketiga sektor tersebut merupakan fokus pemerintah untuk dikembangkan mendorong ekonomi Indonesia ke depan yang berbasis produksi," ujarnya.

Ia menambahkan Singapura merupakan salah satu dari lima negara yang menjadi fokus pemasaran investasi BKPM di mana Singapura merupakan negara yang paling banyak menanamkan modalnya di Indonesia.

Menurut data BKPM, total investasi Singapura ke Indonesia periode 2010-semester I 2015 sebesar US$ 28,35 miliar dengan fokus pada sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi (46%); tanaman pangan dan perkebunan (12%); pertambangan dan industri makanan (masing-masing 7%); serta listrik, gas, dan air (5%).

"Potensi investasi dari Singapura masih terbuka lebar untuk ditingkatkan karena rasio investasinya sepanjang 2005-2014 dalam kisaran 61,67%. Sementara itu, stock net izin prinsip investasi Singapura periode 2010-semester I-2015 yang belum terealisasi masih US$ 50,2 miliar. BKPM akan memfasilitasi dan memastikan investasi Singapura tersebut dapat terealisasi," jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: