Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

JK Kesal Proyek Infrastruktur Digarap Perusahaan Asing

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Banyaknya proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia baik swasta maupun pemerintah yang digarap oleh konsultan hingga kontraktor asing membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla kesal. Menurutnya, banyak sumber daya manusia (SDM) di dalam negeri yang sangat berkualitas dan mampu.

"Hal yang harus diperbaiki adalah ketergantungan dengan asing. Kalau mau bangun hal rumit, mau bikin gedung besar, airport, jalan tol, terus panggil Pacific Consultant, panggil AIC, panggil House Eight," kata JK di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Rabu (29/7/2015).

Ia juga heran karena persoalan ini sudah terjadi bertahun-tahun lamanya sehingga diduga bahwa banyak SDM di Indonesia yang tidak percaya diri untuk menggarap proyek infrastruktur di dalam negeri.

"Kenapa tidak percaya diri? Kita malas mengerjakan perencanaan dengan detail. Padahal, seharusnya kita semua bisa," tambahnya.

Menurutnya, untuk memulai pembangunan maka harus dikerjakan dengan tiga kekuatan, yakni otak, otot, dan uang. "Sejak dulu saya mengatakan membangun harus pakai tiga kekuatan. Kekuatan otak, otot, dan uang. Tidak mungkin bangun tanpa kekuatan ini," ujar JK.

JK pun lantas bercerita soal pembangunan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi; dan Bandara di Medan, Sumatera Utara.

"Waktu semua mau bikin airport Makassar, saya minta jangan ada orang asing. Bikin sendiri. Hanya tiga bulan perencanaan selesai dan semua bingung ternyata saya bisa. Itulah tentu yang mendasari kenapa kita harus bangun dengan pikiran cerdas," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: