Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sektor Telekomunikasi Sumbang Rp 250 Triliun Buat Negara

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Selama kurun 2005-2014 sektor telekomunikasi memberikan pemasukan sangat besar terhadap negara sebesar Rp 250 triliun. Dana tersebut bersumber dari pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Kontribusi lima operator telekomunikasi bagi sektor pajak dan PNBP mencapai Rp 250 triliun. Itu belum menghitung dividen. Dividen itu penerimaan kepada pemerintah yang dilakukan melalui Telkom juga dari Indosat, walau cuma 15 persen. Hampir kurang lebih Rp 30 triliun. Saya belum menghitung operator-operator lain," tandas Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pada saat Seminar Kedaulatan Telekomuniksi dan Penyiaran di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Dijelaskannya, dana tersebut kemudian digunakan untuk universal service obligation (USO). Dana ini, kata RA panggilan akrab sang menteri, harus dikembalikan kepada publik.

"Pertanyaannya siapa recipient yang eligible untuk mendapatkan USO? Jangka panjang, kami mempunyai program pada tahun 2018 semua ibukota kabupaten dan kotamadya di seluruh Indonesia sudah terhubung dengan broadband atau fiber optic," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: