Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

As'ad Said Ali: Jangan Ada Perpecahan NU di Muktamar Jombang

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Ketua Umum PBNU KH As'ad Said Ali mengatakan, muktamar Nahdlatul Ulama ke-33 di Jombang harus menjadi persatuan, jangan sampai malah menyebabkan Ormas Islam itu pecah tapi menjadikan pertemuan tersebut sebagai momentum 'nahdloh tsaniyah' (kebangkitan kedua).

Muktamar tersebut menjadi peristiwa penting dalam perjalanan sejarah organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam yang diselenggarakan di Jombang, daerah asal para pendirinya guna menyongsong satu abad organisasi ulama ini, kata Wakil Ketua Umum PBNU KH As'ad Said Ali di Jakarta, Kamis (30/7/2015), melalui pesan tertulisnya menjelang keberangkatannya ke Jombang.

Pernyataan disampaikan terkait suasana gelisah menjelang pelaksanaan Muktamar, 1-5 Agustus 2015. Hingga saat ini para muktamirin atau peserta muktamar dari PWNU dan PCNU seluruh Indonesia belum menyepakati model pemilihan yang akan diterapkan dalam muktamar.

Ia meminta pihak-pihak yang terlibat dalam suksesi pemilihan pemimpin baru NU untuk mengedepankan semangat persatuan.

"Jangan sampai di Muktamar Jombang malah ada perpecahan di NU, seperti terjadi di partai politik atau PSSI," kata alumni Pesantren Krapyak Yogyakarta ini.

As'ad yang belakangan menyatakan siap maju sebagai calon ketua umum PBNU berharap, Muktamar Jombang membicarakan langkah-langkah strategis menyongsong peringatan 100 tahun NU.

"Muktamar harus dilandasi semangat menyambut satu abad NU. Organisasi NU adalah organisasi kemasyarakatan yang sangat kuat memegang tawasuth (moderat), tawazun (proporsional) dan tasamuh (toleran)," katanya.

Menurut As'ad NU dianggap paling cocok untuk mengatasi berbagai persoalan keagamaan yang berkembang. Tahun 2014 lalu bahkan warga Muslim di Afghanistan mendeklarasikan berdirinya organisasi NU Afghanistan atau NUA dengan format yang mirip dengan NU yang ada di Indonesia.

Menurut As'ad, NU akan tetap menjadi ormas Islam yang besar, bersih dan berwibawa, serta "rahmatan lil alamin". Meski demikian penataan dan konsolidasi organisasi perlu terus dilakukan di lingkungan internal NU menghadapi berbagai tantangan dan perubahan.

Ditambahkan, pada usia menjelang 100 tahun NU dihadapkan dengan beberapa perkembangan. Antara lain, warga NU sudah tersebar tidak hanya terkonsentrasi di desa tetapi juga di kota-kota besar di Indonesia.

Selain itu, generasi NU sudah tidak didominasi oleh para ahli agama Islam. "Kita sekarang punya kekuatan baru yakni kalangan pebisnis, birokrat, akademisi, politisi dan kaum profesional. Semua ingin bergabung menguatkan NU tapi tidak tahu jalannya. Ini perlu kita pikirkan, kalau tidak kader kita ini akan diambil orang lain," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: