Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

FKUB: GIDI-Muslim Sepakat Selesaikan Insiden Tolikara Bersama-sama

Warta Ekonomi -

WE Online, Jayapura - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua menyatakan insiden pada Hari Raya Idul Fitri di Karubaga, Kabupaten Tolikara bukanlah konflik agama, tetapi miskomunikasi diantara umat Islam dan Kristen.

Ketua FKUB Provinsi Papua, Lipiyus Biniluk di Jayapura, Kamis (30/7/2015) mengatakan pihaknya juga menyatakan rasa duka atas jatuhnya korban baik jiwa maupun materill dalam insiden Tolikara tersebut.

"Berkaitan dengan insiden Karubaga di Kabupaten Tolikara yang terjadi pada (17/7), umat GIDI dan muslim di Tolikara telah sepakat untuk menyelesaikan masalah tersebut secara bersama-sama, secara adat," katanya.

Lipiyus menjelaskan kedua belah pihak juga sepakat bahwa penyelesaian masalah ini akan diselesaikan sendiri oleh kedua belah pihak di Papua tanpa campur tangan pihak luar Papua.

"Dalam kesepakatan ini kedua belah pihak juga menyepakati untuk saling memaafkan dengan tulus, dimana penyelesaian yang ditempuh adalah penyelesaian secara adat dan proses hukum harus dihentikan," ujarnya.

Dia menuturkan kedua belah pihak sepakat membangun kembali mushalla dan melaksanakan pemantauan kesepakatan secara berkala dan merawat kerukunan dan perdamaian.

"Kami sepakat saling menjaga, menghormati dan menyerukan kepada seluruh umat beragama di Indonesia agar tetap menghormati umat GIDI dan Islam untuk bebas menjalankan ibadahnya seperti biasa," katanya lagi.

Dia menambahkan kedua belah pihak pun menyerukan kepada pemerintah untuk menjamin kebebasan menjalankan agama dan keyakinan beserta pendirian rumah ibadah.

"Kesepakatan ini lahir tidak hanya dari keresahan, keprihatinan, kecemasan kami, tetapi berakar dari pengalaman hidup damai, bermartabat antara umat Kristen dan Islam di Karubaga, Kabupaten Tolikara selama bertahun-tahun serta harapan lebih damai serta bermartabat bagi kami," ujarnya lagi.

Kesepakatan tersebut difasilitasi dan diprakarsai oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Provinsi Papua, Sinode Kingmi, Kelompok Masyarakat Sipil Papua dan wartawan, di Kantor FKUB Provinsi Papua, Jayapura. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: