Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Tindakan Menkominfo Urai Persoalan Ketimpangan Tarif Internet

Warta Ekonomi -
WE Online, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara telah menerapkan sejumlah tindakan guna menyiasati ketimpangan tarif internet di wilayah Indonesia. Sebagaimana diberitakan sebelumnya pemerintah selaku regulator didesak untuk menekan Telkomsel supaya bisa menurunkan tarif internet yang dinilai terlalu mahal di wilayah Indonesia timur.

"Untuk penyelenggara-penyelenggara telekomunikasi yang menawarkan layanan internet dengan tarif berdasarkan zonasi, pemerintah meminta agar dilakukan penghitungan ulang tarif layanan internet sehingga dapat memperkecil disparitas tarif pungut/retail layanan internet antara zona yang satu dengan zona yang lain di seluruh wilayah Indonesia," jelasnya di Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Sebelumnya mantan petinggi di sejumlah perusahaan telekomunikasi tersebut tak menampik adanya perbedaan biaya dalam membangun infrastruktur di Indonesia. Hal itu disebabkan kondisi kontur wilayah, permintaan masyarakat yang rendah, dan tingginya biaya investasi.

Di samping itu pemerintah akan menyusun dan menerapkan paket regulasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan dana kewajiban pelayanan umum (universal service obligation/USO) untuk mendukung percepatan pemerataan layanan broadband; mendorong efisiensi pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi (infrastructure sharing); dan menghasilkan formula perhitungan biaya interkoneksi yang adil serta tarif pungut/retail yang terjangkau, baik untuk layanan suara, SMS, dan data/internet.

"Pemerintah akan menyelesaikan proyek Palapa Ring dan Rencana Pita Lebar Indonesia 2014-2019 sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2014 sehingga kesenjangan/gap penyediaan layanan internet dapat teratasi," jelasnya.

Langkah-langkah tersebut akan dilaksanakan oleh pemerintah bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan di bidang telekomunikasi sehingga dapat tersedia layanan telekomunikasi, termasuk layanan internet yang merata dengan tarif terjangkau di seluruh wilayah Indonesia dengan tetap menjaga kompetisi dan keberlangsungan industri telekomunikasi yang sehat serta kualitas layanan yang baik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: