Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bappenas: Sorong-Manokwari Rute Pertama Pembangunan KA Papua

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menyatakan pembangunan rel dan kereta api Papua kemungkinan akan dimulai dari rute Sorong-Manokwari, Papua Barat.

Direktur Transportasi Kementerian PPN/Bappenas Bambang Prihartono di Jakarta, Jumat (31/7/2015), mengatakan untuk rute lainnya, Kementerian Perhubungan masih melakukan studi kelayakan (feasibility study/FS). Hasil FS tersebut akan menentukan wilayah-wilayah lainnya di Papua yang akan dilalui kereta barang dan penumpang itu.

"Kita harapkan FS itu bisa selesai akhir tahun ini," ujar dia.

Proyek kereta barang dan penumpang di Papua ini, lanjut Bambang, ditujukan agar konektivitas antardaerah di Papua lebih memadai. Ditambahkannya fungsi kereta barang guna mendukung rencana pembangunan kawasan industri di Papua.

"Nanti akan tergambarkan dari FS yang sedang dilakukan, potensi industrinya, selain potensi angkut penumpang. Itu akan menjadi acuan rute-rute yang dibangun nanti," kata dia.

Bambang mengatakan, proses persiapan pembangunan kereta Papua ini memang membutuhkan waktu yang lama. Setelah FS yang diperkirakan berbiaya Rp2-3 miliar, Kementerian Perhubungan juga akan melaksanakan rancang bangun atau "detail engginering desain" (DED) dengan estimasi biaya Rp30 miliar.

Namun, kata Bambang, pemerintah menargetkan dalam jangka waktu lima tahun hingga 2019, konstruksi fisik sudah dapat dimulai. Kebutuhan total investasi proyek ini juga, ujar Bambang, akan diketahui setelah FS yang dilakukan Kemenhub selesai. Proyek ini akan dikerjakan langsung oleh pemerintah dan menggunakan anggaran pemerintah.

Proyek kereta barang dan penumpang Papua merupakan salah satu proyek infrastruktur prioritas pemerintah. Pemerintah berencana memfasilitasi pulau-pulau besar di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua dengan jaringan kereta.

Direktorat Jenderal Perkeretapian Kemenhub sebelumnya mengestimasi anggaran untuk pembangunan proyek kereta di luar Jawa hingga 2019 sebesar Rp234 triliun. (Ant) 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: