Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KPU Malang Targetkan Partisipasi Pilkada 75 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Malang - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang menargetkan angka partisipasi pada Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2015 lebih dari 75 persen dari jumlah pemilih atau daftar pemilih tetap (DPT).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, Jawa Timur, Abdul Holik, di Malang Sabtu mengatakan untuk DPT memang belum ditetapkan, namun berdasarkan daftar penduduk potensial pemilu (DP4) yang diterima dari Kemendagri, jumlah pemilih dalam Pilkada Kabupaten Malang sebanyak 1,9 juta jiwa.

"Target angka partisipasi lebih dari 75 persen itu meningkat dibandingkan pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 yang hanya 72 persen atau sekitar 28 persen warga yang memiliki hak pilih tidak menggunakan hak pilihnya," katanya, Sabtu (1/8/2015).

Untuk merealisasikan capaian angka partisipasi lebih dari 75 persen itu, katanya, dalam setiap kegiatan KPU selalu diselipi dengan sosialisasi, bahkan sosialisasi juga dilakukan secara khusus dan intensif kepada seluruh lapisan masyarakat. Setiap tahapan di KPU pun juga dilakukan sosialisasi secara tidak langsung.

Ia mencontohkan, pada saat tahapan verifikasi faktual untuk bakal calon pasangan perseorangan pada 23 Juni hingga 14 Juli lalu, panitia pemungutan suara (PPS) di desa/kelurahan asekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat karena mendatangi rumah penduduk secara langsung.

Sementara itu, lanjutnya, tahapan Pilkada di KPU saat ini sedang berlangsung tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih hingga 19 Agustus nanti. Sedangkan untuk pemutakhiran data, petugas langsung mendatangi rumah warga yang namanya masuk dalam DP4.

Menyinggung proses verifikasi faktual bagi calon perseorangan yang masih kurang ketika menyerahkan berkas pendaftaran, Holik mengatakan akan dilakukan pada verifikasi tahap kedua setelah pasangan calon menyerahkan berkas tambahan dukungan mulai 4 Agustus nanti. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: