Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Laba Perusahaan Petrokimia Semester I-2015 Meningkat 350,4 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Laba bersih salah satu perusahaan petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk mengalami peningkatan sebesar 350,4 persen pada semester pertama 2015 dibandingkan semester pertama 2014.

"Ini salah satu kinerja positif di paruh pertama tahun 2015," kata Direktur PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, Suryandi melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (1/8/2015).

Laba bersih tersebut senilai dengan 30,5 juta dolar Amerika Serikat, dibandingkan dengan 6,8 juta dolar AS pada periode sama tahun 2014. Pendapatan bersih untuk paruh pertama 2015 tercatat sebesar 799,8 juta dolar AS, penurunan 38,3 persen 'year on year' tetapi laba kotor naik menjadi 88,6 juta dolar AS, atau meningkat 58,4 persen year on year.

Laba kotor yang lebih tinggi sebagian besar disebabkan oleh margin kimia global yang lebih tinggi ditambah dengan penurunan yang signifikan pada bahan baku dan harga minyak mentah sementara harga produk tetap relatif kuat. Sebagai hasilnya, Margin Kotor untuk paruh pertama 2015 melonjak menjadi 11,1 persen dari 4,3 persen dibandingkan dengan periode sama 2014.

Hal ini merupakan bagian dari strategi bisnis ekspansi kapasitas CAP untuk memenuhi permintaan Indonesia yang terus berkembang, Perseroan akan melakukan 'shutdown' selama 90 hari di kuartal IV-2015 untuk mengintegrasi/tie-in fasilitas Cracker yang baru dengan fasilitas yang sudah ada.

Selain itu juga akan melakukan kegiatan pemeliharaan terjadwal atau Turn-Around Maintenance ("TAM") untuk meningkatkan keandalan dan kinerja pabrik. Pasca selesainya proyek ekspansi Cracker, kapasitas produksi CAP akan meningkat hingga 43 persen menjadi 860.000 ton/tahun yang akan melontarkan Cracker CAP setara ukuran skala dunia dan menjadi landasan bagi pertumbuhan perseroan di masa mendatang. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: