Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Antisipasi El Nino, Pemerintah Siapkan Dana Rp 3,5 Triliun

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online Jakarta- Pemerintah menyiapkan dana cadangan pangan sebesar Rp 3,5 triliun yang terdiri atas dana cadangan beras Rp 1,5 triliun dan dana cadangan pangan sebesar Rp 2 triliun.  
 
Ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi dampak fenomena cuaca El Nino yang ditandai dengan kemarau berkepanjangan dan diprediksi berlangsung hingga November mendatang.
 
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara menyebutkan dalam APBN-P 2015, anggaran cadangan beras pemerintah sudah siap dijalankan Perum Bulog. Sementara anggaran cadangan pangan dicairkan bila terjadi gagal panen (puso).
 
“Itu bisa dipakai kalau terjadi krisis (pangan) atau situasi-situasi kritis. Jadi, pemerintah sudah punya lho anggaran kalau ada kekurangan," kata dia di Jakarta, Jumat (31/7/2015).
 
Ia menambahkan, dampak El Nino tidak akan begitu besar pada pasokan dan inflasi pangan. Pemerintah tetap optimistis mampu menjaga inflasi di bawah 4,5% sesuai target tahun ini. "Inflasi belum diperhitungkan, tapi kami jaga inflasi di bawah 4,5% pada akhir 2015 meski ada elnino," kata Suahasil.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: