Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekspor Jagung Indonesia Capai 400.000 ton

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online Jakarta- Produksi jagung lokal terus berkembang. Sampai saat ini, Kementerian Pertanian (Kemtan) mengklaim telah mengekspor 400.000 ton jagung secara nasional ke sejumlah negara. Terakhir, jagung diekspor sebanyak 12.000 ton ke Filipina.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pengangkutan jagung ekspor ke Filipina menggunakan dua kapal laut berjenis kapal curah dengan kapasitas 6.000 ton per kapal yang berlangsung di Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada hari Jumat (31/7). "Sampai sekarang ekspor jagung nasional kita telah mencapai 400.000 ton," ujar Amran.

Amran menjelaskan ekspor jagung tersebut berasal dari sejumlah daerah di Indonesia seperti Gorontalo, Sulawesi Selatan, Dompu, Bima, dan Sumbawa. Untuk daerah Sumbawa sendiri telah diekspor jangung sebanyak 134.000 ton. Ke depan, Mentan optimis bisa mengekspor jagung sampai 700.000 ton.

Dengan capain produksi tersebut, Mentan menegaskan stok jagung nasional dipastikan aman, sehingga tidak perlu ada impor. Ia bilang, selama petani masih mampu memproduksi jagung, pemerintah tidak akan biar jagung impor masuk ke wilayah Indoensia.

Seperti diketahui, Kemtan tiba-tiba melarang impor jagung tanpa memberikan peringatan terlebih dahulu kepada impotir. Impotir jagung mengeluhkan kondisi tersebut karena ada sejumlah kapal pengangkut jagung yang sudah dalam perjalanan ke Indonesia, dan karena izin tidak diberikan maka para importir harus menanggung rugi. Namun Kemtan sendiri membatah menstop impor jagung, tapi hanya menunda sambil memverifikasi stok jagung nasional.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: