Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin Suntik Bantuan Modal ke UKM di Bali

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melalui lembaga yang dinaunginya, PT Palapa Nusantara Berdikari, menyuntikkan modal Rp200 juta kepada UKM di Bali.

Siaran pers Kadin, Minggu (2/8/2015), menyatakan suntikan modal tersebut diberikan kepada Koperasi Kerta Semaya Samaniya --yang terletak di Desa Nusasari, Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

"Kami melihat potensi besar yang dimiliki koperasi ini dalam membantu memberdayakan 1.119 petani kakao di Jembrana Bali melalui perubahan pola pikir petani untuk melakukan perubahan secara bertahap maju melalui proses pendampingan dan komunikasi yang intensif mulai dari penanaman sampai pemasaran produk sehingga berdampak positif pada petani yang akhirnya menjadikan kakao Jembrana berstandar internasional (bersertifikat UTZ), sehingga ke depan akan mampu bersaing di pasar dunia," kata Rosan Perkasa Roeslani, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perbankan dan Finansial.

Rosan menjelaskan, pihaknya selama ini terus berkeliling daerah dan memonitor UKM-UKM yang dinilai memiliki produk yang berkualitas dan memiliki nilai ekspor.

"Lantaran sulitnya akses terhadap pemodalan yang memadai, usaha kecil seperti ini kurang mampu mengembangkan dan memasarkan produknya ke level yang lebih tinggi. Untuk itulah, melalui Palapa Nusantara Berdikari, kami melakukan monitor ke daerah-daerah, pendampingan melalui klinik bisnis, dan seleksi. UKM yang dinilai paling andal dan layak akan mendapat suntikan modal usaha," papar Rosan.

Dia melanjutkan, UKM memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi nasional. Dalam lima tahun terakhir, pihaknya mencatat kontribusi UKM terhadap PDB selalu di atas 50 persen.

"Sumbangsih UKM terhadap penyerapan tenaga kerja pun selalu di atas 90 persen. Itu berarti, saat ini jumlah tenaga kerja Indonesia di sektor UKM berada di atas 100 juta orang," imbuhnya.

Sementara Ketua Koperasi Kerta Semaya Samaniya, I Ketut Wiadnyana menjelaskan koperasi yang dipimpinnya berfokus pada pengembangan dan pengolahan produk kakao yang dalam implementasinya selama ini didampingi oleh Yayasan Kalimajari. Selain mendorong usaha yang telah dirintis sejak 2006, bantuan modal tersebut akan mendukung keberlanjutan program Kakao Lestari di Kabupaten Jembrana.

Ketua Umum Kadin Bali Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra menambahkan bahwa bantuan permodalan ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan bagi UKM yang selama ini mengalami kesulitan mendapatkan permodalan dari perbankan karena UKM tersebut belum bankable. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: