Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Produk 'Stationery' Indonesia Raih Transaksi di Pasar Hongaria

Warta Ekonomi -

WE Online, Budapest - Dengan semakin meningkatnya minat pengusaha Indonesia untuk masuk ke pasar Hongaria, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest terus memfasilitasi para pengusaha Indonesia. Seperti yang dilakukan pada 23-24 Juli 2015, ITPC Budapest mendampingi survei pasar yang dilakukan langsung oleh para pengusaha ke Hongaria.

Selain itu, ITPC Budapest juga mendampingi PT. Solo Murni berkunjung ke Cardex Európa Kft di Budapest, Hongaria. Pada pertemuan ini, PT. Solo Murni berhasil memikat Cardex Európa Kft untuk memesan 15 ribu desk notepad ukuran A2 sesuai dengan spesifikasi dan harga yang telah disepakati. PT. Solo Murni merupakan produsen produk stationery dan memiliki merek dagang Kiky Stationery.

Tidak hanya itu, pertemuan antara Presiden Direktur PT. Solo Murni, Sinyo Haryanto dan Managing Director Cardex Európa Kft, Balász Pulay saat itu membicarakan kemungkinan kerja sama bisnis khususnya ekspor gift box, wrapping paper, dan desk notepad.

"Pertemuan antara PT. Solo Murni dengan Cardex Európa Kft menjadi langkah awal masuknya produk stationery Indonesia ke Hongaria," jelas Kepala ITPC Budapest, Hikmat Rijadi optimis.

Upaya ITPC Budapest dirasakan sangat bermanfaat dan diapresiasi oleh Sinyo Haryanto. Menurutnya, pendampingan ini sangat membantu proses ekspor produk stationery mereka ke Hongaria.

"Keberadaan ITPC Budapest sangat membantu kami mengenal pasar Hongaria dan proses penjajakan kerja sama bisnis perusahaan kami dengan pelaku usaha di Hongaria," jelas Sinyo.

Cardex Európa Kft merupakan perusahaan distribusi stationery dan kertas terbesar di Hongaria. Sekitar 2000 retailers telah menjadi pasar bagi produk-produk Cardex Európa Kft termasuk sejumlah jaringan hypermarket dan supermarket seperti Auchan, Tesco, Spar, CBA, Metro, dan Office Depot.

Menurut Balász Pulay, produk perusahaan Cardex Európa Kft telah berhasil diekspor atau pun diekspor ulang ke beberapa negara di kawasan Eropa Tengah, Timur, maupun Barat. Negara tersebut di antaranya Republik Ceko, Estonia, Finlandia, Kroasia, Polandia, Latvia, Italia, Romania, Serbia, Swedia, Slovakia, Slovenia, dan Turki.

Sebagai salah satu pemain utama produk stationery di Hongaria, Cardex Európa Kft telah memiliki kesepakatan eksklusif dengan Hallmark, produsen kartu ucapan ternama Amerika Serikat. Cardex Európa Kft juga memiliki kerja sama eksklusif dengan beberapa institusi ternama di dunia seperti UNICEF dan Disney. Setiap tahunnya sekitar 4 juta kartu ucapan terjual kepada kedua lembaga tersebut.

"Melihat tujuan ekspor Cardex Európa Kft, maka bisa dikatakan bahwa kunjungan dan business matching ini sangat mendukung misi ITPC Budapest sebagai ujung tombak promosi di wilayah Eropa Tengah dan Timur," tambah Hikmat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: