Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Transportasi Picu Inflasi Juli 0,93 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat indeks harga konsumen/inflasi pada Juli 2015 sebesar 0,93%. Inflasi tahun kalender sebesar 1,90%; inflasi tahun ke tahun (year on year/YoY) 7,26%; kemudian inflasi komponen inti Juli sebesar 0,34% dan inflasi komponen inti (YoY) 4,86%.

Sementara itu, dari 82 kota IHK, 80  kota mengalami inflasi dan 2 kota deflasi. "Inflasi tertinggi terjadi di Pangkal Pinang sebesar 3,18 % dan inflasi terendah di Pematang Siantar sebesar 0,06 %. Deflasi tebesar di Merauke sebesar -0,65%," kata Kepala BPS Suryamin dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (3/8/2015).

Sementara itu, menurut kelompok pengeluaran pada inflasi Juli 2015 tertinggi dari kelompok bahan makanan sebesar 0,40% dan kedua transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,35%.

"Andil transportasi cukup besar  pada bulan Juli tahun ini ada dua momen yang bisa mempengaruhi transportasi  yakni sebelum lebaran arus mudik, dan setelah lebaran pada arus balik. Pengaruhnya cukup besar. Sementara pada bahan makanan cukup terkendali pada bulan puasa lalu," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: