Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bisnis Internet Tak Bisa Diserahkan Seutuhnya ke Pasar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua Pelaksana Dewan Teknologi Informasi Komunikasi Nasional (DeTIKnas) Ilham Habibie menegaskan bisnis internet di Indonesia tidak bisa diserahkan secara total ke pasar. Pasalnya, akses internet di Indonesia belum merata di seluruh daerah.

"Tidak bisa bisnis internet diserahkan ke pasar dengan pendekatan komersial, yakni supply dan demand. Ini bisa membuat supply di beberapa daerah tersendat. Soalnya investasi membangun infrastruktur mahal," terangnya, belum lama ini.

Putra mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie tersebut menilai pemberian insentif kepada pebisnis bukan satu-satunya cara untuk membangun infrastruktur.

"Pemerintah harus step in dan berpihak kepada masyarakat. Di ASEAN kita cukup paling mahal biaya aksesnya. Saya tidak bisa sebutkan, tapi cukup mahal. Pebisnis tak bisa turunkan karena investasi di situ cukup besar,"

katanya.

Menurut Ilham, masyarakat Indonesia merupakan salah satu konsumen internet yang tergolong cukup besar.

"Sekarang harus dilakukan adalah membantu untuk membuat bisnis model dan menerangkan secara sentral bagaimana ICT ini bisa digunakan sebaik mungkin. Dalam hal itu, pemerintah bisa menerapkan standar yang memang akan memudahkan," tutupnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: