Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Dorong Asuransi Pertanian Direalisasikan

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong hadirnya asuransi sektor pertanian untuk memberikan perlindungan kepada para petani sekaligus meningkatkan aksesibilitas sektor itu ke lembaga keuangan.

"OJK mendorong asuransi sektor pertanian segera direalisasikan, aturannya tengah digodok termasuk regulasinya seperti apa sedang dibahas. Yang jelas diharapkan ke depan sektor pertanian bisa tumbuh dan berkembang," kata Ketua Dewan Audit dan Anggota Dewan Komisioner OJK Ilya Avianti di Bandung, Senin (3/8/2015)

Menurut dia, dengan adanya asuransi sektor pertanian maka akan mendorong akses para petani ke lembaga keuangan. Dengan demikian maka resiko yang dialami oleh para petani bisa diatasi atau terlindungi sehinga menjauhkan mereka dari kerugian.

Menurut dia asuransi pertanian di Indonesia sangat diperlukan. Sebagai negara agraris dengan jumlah petani yang besar, asuransi pertanian merupakan sebuah kebutuhan.

Selama ini sektor pertanian hanya didorong untuk berproduksi dan mencatat hasil pertanian yang maksimal. Namun di sisi lain tidak ada perlindungan atau asuransi yang bisa memberikan keleluasaan para petani untuk melindungi dirinya dari kerugian.

"Indonesia sebagai negara agraris sudah waktunya memberikan perlindungan, dan asuransi pertanian salah satu jawabannya," katanya .

Sedangkan teknis dan regulasinya ke depan, menurut Ilya masih digodok. Pihaknya masih menggodok role model asuransi sektor pertanian yang akan diluncurkan.

"Dengan adanya asuransi pertanian, maka jelas akses ke lembaga keuangan akan lebih besar lagi karena ada jaminan di sektor itu. Dampaknya akan sangat besar bagi sektor itu ke depan," katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan saat ini sudah dilakukan kajian secara ekonomi dan kajian manajemen risiko. Sektor pertanian masuk ke dalam 35 stimulus kebijakan pemerintah ke depannya.

"Pertanian harus menjadi sebuah industri yang harus didukung dari berbagai sentor, termasuk perlindungan bagi para pelaku di dalamnya," katanya menambahkan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: