Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Koordinasi dengan Pemerintah, BI: Tantangan Ekonomi Kompleks

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengatakan perekonomian Indonesia saat ini menghadapi tantangan yang cukup kompleks. Ia mengatakan tantangan tersebut berasal dari sisi eksternal maupun domestik.

Hal itu dikatakan Agus sesuai melakukan rapat koordinasi BI dengan pemerintah dalam forum round table policy dialogue di Gedung BI, Jakarta, Selasa (4/8/2015). Hadir dari pihak pemerintah, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, serta Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

"Tantangan eksternal bersumber dari pertumbuhan ekonomi global yang lebih melambat dibandingkan prakiraan semula. Harga komoditas ekspor yang masih terus menurun serta potensi gejolak di pasar keuangan global yang masih tinggi," katanya.

Sementara dari sisi domestik, lanjutnya, tantangan bersumber dari realisasi stimulus fiskal yang masih belum secepat perkiraan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, adanya volatilitas pasar keuangan domestik yang cukup tinggi, serta beberapa kendala struktural lainnya yang masih mengemuka.

Menghadapi kondisi tersebut, pemerintah dan BI sepakat untuk terus memperkuat jalinan koordinasi kebijakan melalui bauran kebijakan moneter, fiskal, dan reformasi struktural, untuk menjaga stabilitas makro ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: