Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kapolda Sultra Perintahkan Personel Tetap Netral saat Pilkada

Warta Ekonomi -

WE Online, Kendari - Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Polisi Arkian Lubis memerintahkan seluruh personelnya untuk melaksanakan tugasnya semaksimal mungkin dan tetap bertindak netral pada pelaksanaan pilkada serentak di tujuh kabupaten, Sultra, 9 Desember 2015.

"Saya perintahkan seluruh personel tetap bertindak netral, dan menghindari sesuatu yang dapat merugikan keamanan, apalagi mencoreng citra kepolisian," kata Kapolda Sultra di Kendari, Selasa (4/8/2015).

Meski sejauh ini situasi keamanan di wilayah hukum Polda Sulawesi Tenggara tetap kondusif, Brigjen Pol. Arkian Lubis meminta seluruh personel tetap waspada terhadap gangguan kamtibmas yang sewaktu-waktu bisa terjadi, terutama antarpendukung calon kepala daerah.

Menjelang pelaksanaan pilkada serentak, kata dia, Polda Sultra juga menyiapkan dua pertiga kekuatan untuk membantu pengamanan di tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada.

Saat ini, Polda Sultra masih menunggu informasi mengenai permintaan tambahan personel dari jajaran polres yang akan melakukan pengamanan pilkada. Hal itu bergantung pada situasi keamanan di wilayah bersangkutan.

Situasi Kamtibmas yang dianggap paling rawan terjadi jelang pilakda serentak, yakni saat pelaksanaan kampanye calon kepala daerah dan hari-H pilkada sehingga aparat kepolisian di seluruh jajaran polres diminta tetap mengedepankan sikap profesionalme dalam mengambil tindakan terhadap oknum yang mencoba membuat kerusuhan.

"Aparat yang bertugas di polres tentu lebih banyak mengetahui wilayahnya sehingga harus lebih proaktif menjadi yang terdepan ketimbang dengan aparat yang membantu dari Polda," ujaranya.

Oleh karena itu, dalam tugas pengamanan, khususnya pilkada, harus ada koordinasi antarpersonel dengan tetap mematuhi perintah satu komando. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: