Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

'Smart City' Penting Diterapkan di Ibukota

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Head of Corporate Communication Google Indonesia Jason Tedjakusuma menilai konsep smart city sangat peting untuk diterapkan di kota Jakarta. Menurutnya, ada sejumlah produk Google yang banyak diandalkan warga ibukota.

"Smart city sangat penting. Itu tergantung Gubenur Jakarta. Ada produk Google yang kini dipakai seperti Google Map dan Google Waze," ungkapnya di Kantor Google, di bilangan Senayan, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Sesuai dengan namanya, Google Map merupakan aplikasi yang memandu masyarakat mengetahui peta jalan di ibukota. Aplikasi ini juga sangat diandalkan warga ibukota dalam beraktivitas, khususnya untuk memantau kemacetan di ruas-ruas jalan ibukota.

Sementara Google Waze adalah perangkat yang menampilkan peta berdasarkan komunitas penggunanya. Dalam aplikasi ini turut tersedia informasi mengenai kecelakaan, kemacetan jalan, hingga polisi. Sepintas kedua aplikasi lansiran Google ini memiliki kemiripan antara satu dengan yang lainnya. Kendati begitu, aplikasi mapping ini sama-sama mendukung terbentuknya komunitas smart city.

Jason melanjutkan upaya mendukung smart city tidak hanya dilakukan melalui serangkaian aplikasi. Dia mengatakan Google juga memiliki beberapa divisi perusahaan yang menghasilkan produk.

"Nest merupakan perusahaan dalam Google yang membikin alarm. Perusahaan ini juga membuat perangkat thermostat yang fungsinya mengurangi kosumsi energi listrik," tutupnya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: