Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

ZTE-U Mobile Kerja Sama dalam Penelitian Jaringan 5G

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - ZTE Corporation (0763.HK / 000063.SZ), perusahaan besar berskala internasional yang beroperasi sebagai penyedia solusi teknologi komunikasi dan Internet Bergerak untuk konsumen dan perusahaan, hari ini menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan U Mobile Sdn Bhd tentang pengembangan teknologi broadband perangkat bergerak 5G, yang akan memperdalam kemitraan kedua perusahaan pada inovasi jaringan generasi mendatang.

Kemitraan ini akan membantu U Mobile menciptakan peningkatan performa jaringan substansial menggunakan teknologi Pra-5G milik ZTE, termasuk Massive MIMO (input ganda output ganda). MOU yang ditandatangai di Shenzhen oleh Too Tian Jen, Kepala Divisi Teknologi U Mobile dan Steven Ge, Direktur Pelaksana ZTE Malaysia, ini juga mencakup kerja sama di antara kedua perusahaan dalam penelitian dan pengembangan teknologi 5G, selain Pra-5G.

"U Mobile terus meneliti teknologi baru yang akan menghadirkan pengalaman pengguna terbaik di kelasnya kepada pelanggan kami," ujar Mr. Too.

"Kami melihat teknologi 5G ini sebagai teknologi yang akan mendukung peningkatan kebutuhan komunikasi di masa mendatang. Kerja sama dengan ZTE juga akan mendukung visi pemerintah untuk menjadi Negara Digital Pintar menjelang 2020," pungkas Mr. Too.

Penelitian 5G ini merupakan inti strategi ZTE untuk menjadi pemimpin dunia dalam pengembangan teknologi jaringan generasi mendatang. Pada Juni 2014, ZTE menjadi vendor pertama yang mengajukan konsep Pra-5G, kemudian perusahaan meluncurkan stasiun basis Pra-5G yang mengintegrasikan BBU dan RRU pada Kongres Dunia Perangkat Bergerak di Barcelona pada Maret 2015, yang memungkinkan operator mengimbangi perkembangan jaringan 5G masa depan pada infrastruktur jaringan 4G LTE yang ada.

Stasiun basis Pra-5G ZTE meningkatkan efisiensi spektrum jaringan 4G LTE saat ini antara empat hingga enam kali lipat menggunakan teknologi Massive MIMO. ZTE juga memimpin industri ini dalam penelitian teknologi 5G lainnya, termasuk Akses Bersama Multipengguna (MUSA) dan Jaringan Ultra Padat (UDN).

"ZTE bangga menangani teknologi 5G bersama U Mobile, pemimpin inovasi jaringan di Malaysia. ZTE berinvestasi besar di 5G untuk memimpin industri ini dalam penelitian dan standardisasi teknologi utama masa depan," ujar Mr. Ge.

Dikenal sebagai perusahaan telekomunikasi data sentris, 70% pelanggan U Mobile adalah pengguna smartphone. Berdasarkan studi perilaku konsumen terbaru pada awal 2015, masyarakat Malaysia menghabiskan rata-rata 3 jam dan 39 menit untuk menggunakan Internet saat bekerja, menemukan informasi, melakukan pencarian, dan menikmati hiburan; menduduki peringkat tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Kerja sama ZTE pada penelitian Pra-5G dengan U Mobile menyusul pengumuman kemitraan serupa antara SoftBank Corporation di Jepang dan KT Corporation di Korea.

Produk Massive MIMO Pra-5G ZTE berhasil meraih berbagai penghargaan dunia. Pada bulan Maret, produk Massive MIMO Pra-5G ZTE memenangkan Innovative Solution and Fastest Market Development Award 2014 dalam ajang Global TD-LTE Initiative (GTI) di Barcelona. Pada bulan Mei, ZTE dan China Mobile memenangkan Wireless Network Infrastructure Innovation Award untuk produk Pra-5G dalam ajang Global Telecom Business (GTB) Innovation Awards. Pada bulan Juni, ZTE dianugerahi 2015 Global Technology Innovation Award in 5G Networks oleh Frost & Sullivan, salah satu firma konsultasi terkemuka di dunia, untuk mengakui kinerja dan pencapaian luar biasa ZTE dalam inovasi teknologi 5G, dan posisi terdepannya dalam industri.

Tentang ZTE

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: