Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menko: Komunikasi Pemerintah dengan BI Lewat 'WhatsApp'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan pemerintah dan Bank Indonesia siap berkoordinasi serta meningkatkan komunikasi dengan membentuk grup melalui aplikasi teknologi informasi "WhatsApp" yang saat ini sedang populer di masyarakat.

"Kami sepakat selain ada forum dialog rutin, juga nanti kita bikin forum lewat internet, misalnya lewat 'WhatsApp'. Jadi kalau ada hal-hal yang perlu diskusikan tidak harus bertemu. Kalau perlu kita bikin grup, sehingga kita bisa 'share' lewat grup tersebut," katanya seusai mengikuti rapat forum policy dialog di Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Rapat forum policy dialog yang diikuti perwakilan pejabat pemerintah dan Bank Indonesia tersebut bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan efektivitas koordinasi dalam rangka menjaga stabilitas serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sofyan mengatakan peningkatan koordinasi dan komunikasi antar pemerintah dan Bank Indonesia sangat penting mengingat kondisi perekonomian nasional sedang mengalami tekanan eksternal yang sewaktu-waktu berpotensi menyebabkan gejolak.

"Kebijakan koordinasi antara bank sentral sebagai otoritas moneter dan pemerintah sangat bagus. Komunikasi informal itu harus dilakukan intensif, sehingga tidak ada 'miss' persepsi atau gap informasi antara kedua lembaga," katanya.

Beberapa hal yang menjadi kesepakatan dalam rapat tersebut adalah pemerintah dan Bank Indonesia mewaspadai risiko berlanjutnya perlambatan ekonomi domestik, yang perlu direspons secara tepat dan terukur, mengingat masih lambatnya dan belum berimbangnya pemulihan ekonomi global.

Bank Indonesia siap menempuh berbagai langkah kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengupayakan terjaganya stabilitas perekonomian, dengan menempuh kebijakan moneter yang tetap prudent dan konsisten, menerapkan kebijakan makroprudensial serta mendorong percepatan reformasi struktural.

Sedangkan, pemerintah akan terus meningkatkan stimulus fiskal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dengan mengoptimalkan penyerapan belanja serta mempercepat reformasi struktural untuk memperkuat fundamental perekonomian.

Di masa mendatang, koordinasi kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia akan terus diperkuat guna meningkatkan kembali keyakinan terhadap prospek ekonomi Indonesia. Selain itu, pemerintah dan Bank Indonesia berkomitmen untuk menempuh bauran kebijakan makroekonomi nasional, sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Dalam rapat tersebut ikut hadir Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Susilo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Menteri ESDM Sudirman Said. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: