Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementan Khawatir Lahan Pertanian di Karawang Hilang

Warta Ekonomi -

WE Online, Karawang - Kepala Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, Pending Dadih Permana mengatakan lahan pertanian di Kabupaten Karawang, Jabar, dikhawatirkan akan hilang karena masih terjadi alihfungsi lahan pertanian ke nonpertanian di daerah tersebut.

"Ketika saya berjalan-jalan, justru saya merasa sedih. Karena banyak lahan pertanian yang beralih fungsi. Seperti, saya melihat ada beberapa perumahan baru (diatas lahan pertanian)," katanya disela kegiatan panen raya padi di Karawang, Selasa (4/8/2015).

Ia mengatakan, jika Pemerintah Kabupaten Karawang tidak tegas menghentikan alih fungsi lahan pertanian ke nonpertanian, maka dikhawatirkan areal pertanian daerah lumbung padi Jawa Barat tersebut akan hilang. Areal pertanian sendiri merupakan pabrik beras yang harus dipertahankan. Itu perlu diperhatikan pemerintah daerah demi menjaga ketahanan pangan nasional.

Menurut dia, jika Pemerintah Kabupaten Karawang acuh terhadap alih fungsi lahan pertanian ke nonpertanian seperti perumahan dan lain-lain, setiap tahun areal pertanian di daerah tersebut akan hilang.

Areal pertanian, kata dia, wajib dilindungi dari alih fungsi. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku, yakni Undang Undang Nomor 41 tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Pelaksana Tugas Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengaku pihaknya tidak akan mengizinkan pembangunan yang menggunakan lahan pertanian teknis. Bahkan pihaknya akan mengulirkan Peraturan Daerah tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, sebagai upaya melindungi pertanian.

"Dalam regulasi (Perda) itu nantinya akan dicantumkan alih fungsi lahan pertanian hanya boleh 8000 hektar selama 30 tahun," katanya.

Ia menilai, sektor pertanian memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional. Peranan sektor pertanian bukan saja memberikan andil terhadap ketahanan pangan, tetapi juga memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan perekonomian secara menyeluruh. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: