Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkeu: Realisasi Belanja Pemerintah Capai Rp 900 Triliun

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan kondisi ekonomi global saat ini yang tidak terprediksi dapat mengancam kestabilan perekonomian dalam negeri.

Hal itu dikatakannya seusai menghadiri rapat koordinasi antara BI dengan pemerintah di kantor BI, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Hadir dari pihak pemerintah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

"Karena itu, yang paling penting kita jaga saat ini adalah fundamental perekonomian. Hal ini untuk menjamin stabilnya perekonomian dan khususnya dari fiscal sustainability," kata Bambang.

Lebih lanjut, ia mengatakan Kementerian Keuangan sebagai otoritas fiskal bertugas menjaga agar kondisi fiskal stabil dan yang paling penting sinkron dengan kebijakan moneter. "Karena yang harus kita lakukan sekarang adalah mendorong pertumbuhan sekaligus menjaga kestabilan," tambahnya.

Dari sisi fiskal, lanjutnya, dalam mendorong upaya pertumbuhan dilakukan dengan mendorong belanja pemerintah yang semakin cepat dan besar.

"Per hari Senin kemarin sudah 45% dari total belanja yang keluar. Jadi, sudah Rp 900 triliun dari APBN yang sudah beredar di perekonomian. Tentunya ini bagian dari upaya mendorong pertumbuhan di samping kebijakan terkait perpajakan yang bersifat insentif maupun stimulus," jelasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: