Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alcatel-Lucent Perpanjang Kabel Bawah Laut South Amerika Pacific Link

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Alcatel-Lucent Submarine Networks (ASN), anak perusahaan Alcatel-Lucent (Euronext Paris dan NYSE: ALU) yang bergerak di bidang kabel bawah laut, dan Ocean Networks, Inc. akan menambah 3.000 km pada sistem kabel bawah laut SAPL (South America Pacific Link) yang panjangnya 14.200 km, mulai dari Panama ke Florida, yang akan menghubungkan Hawaii dengan Amerika Selatan.

Perpanjangan yang akan dinamai SAPL Carribean Express (SAPL CX) akan berujung di Florida utara dan memberikan konektivitas tanpa hambatan pada NAP (Network Access Point) Amerika di Miami, Florida, dan juga menghubungkan Oahu di Hawaii, Balboa di Panama dan Santiago di Chili. Perpanjangan ini akan memberikan kapasitas tambahan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari pasar-pasar yang haus bandwidth dengan  tersedianya akses ultra-broadband di seputar Pacific Rim, serta meningkatkan peran konektivitas digital pada pembangunan ekonomi regional.

Sistem dirancang untuk konektivitas masa depan via unit-unit cabang ke Ekuador, Kolombia, Peru dan Chili utara serta pulau besar Hawaii.

Sistem SAPL CX 100 Gbit/s ini akan memiliki kapasitas minimal 10 terabit per detik pada masing-masing dari setiap enam pasangan serat. SAPL adalah satu-satunya sistem di wilayah ini yang mampu memberikan pasangan-pasangan serat lengkap dimulai dari Hawaii, Amerika Tengah dan Selatan ke NAP di Amerika. Sistem juga menawarkan rute trans-Pasifik yang sangat beragam dibandingkan dengan rute-rute padat Pantai Barat Amerika Utara.

"Penambahan SAPL CX ini memiliki arti signifikan, kami mengetahui keinginan konsumen kami dan akan merespon untuk memenuhi permintaan mereka. Sistem SAPL akan memenuhi kebutuhan jangka panjang konektivitas ke wilayah Asia Pasifik dari pasar-pasar Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Selatan dengan saling menghubungkan sistem-sistem kabel bawah laut di Hawaii yang telah ada maupun yang tengah direncanakan. Kolaborasi dengan ASN serta penggelaran teknologi sistem kabel bawah laut canggih mereka akan memungkinkan kami mendorong konektivitas broadband kecepatan tinggi dengan biaya hemat di wilayah ini," ujar Scott J. Schwertfager, CEO Ocean Networks.

"Memperpanjang SAPL ke Amerika Serikat akan mendorong akses ke infrastruktur di seluruh dunia, membuka beragam lalu lintas untuk meningkatkan kehandalan akses dan layanan ketika permintaan dari konsumen dan bisnis bertumbuh dengan cepat. Kami gembira dapat mendukung Ocean Networks memperluas berbagai layanan serta aplikasi yang diaktifkan oleh jaringan-jaringan bandwidth tinggi, yang merupakan katalis untuk kemajuan ekonomi dan sosial," pungkas Philippe Dumont, Presiden Alcatel-Lucent Submarine Networks.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: