Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkeu Sambut Baik Pembentukan FSPI

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menyambut baik peresmian Forum Sistem Pembayaran Indonesia (FSPI) yang dibentuk oleh Bank Indonesia (BI), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Perdagangan (Kemendag), serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Sistem pembayaran yang baik dan akurat itu sangat dibutuhkan makanya kita dukung forum ini dan saya sambut baik. Di kita juga sekarang sudah meminimumkan cash," ujar Bambang dalam sambutannya saat acara peresmian FSPI di kantor pusat BI, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Lebih jauh Bambang berharap FSPI dapat membantu pemerintah dalam transaksi terkait penerimaan maupun belanja, khususnya yang bersifat nontunai.

"Kami di Kemenkeu adalah dalam konteks G to P (government to people), bagaimana uang dari pemerintah itu bisa ditransfer langsung ke masyarakat penerima," tukasnya.

Seperti diketahui, saat ini model transaksi government to people maupun people to government telah mulai dilakukan secara elektronik. Hal ini tercermin dari penyaluran berbagai bantuan sosial kepada masyarakat maupun penerimaan dana pajak dan bukan pajak oleh pemerintah.

Oleh karena itu, FSPI dibentuk sebagai wadah penyelenggaraan dan pengembangan sistem pembayaran tersebut.

"Ini cita-cita kita di mana lembaga-lembaga negara bisa berkoordinasi untuk mendukung sistem pembayaran di Indonesia. Kita juga nanti berkoordinasi dengan industri, dengan pasar untuk merumuskan kebijkan yang baik dan sesuai dengan industri dan pasar di Indonesia," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo dalam kesempatan yang sama.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: