Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menlu-Lithuania Tandatangani Kerja Sama Bilateral

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi dan Menteri Luar Negeri Lithuania Linas Antanas Linkevi?ius tandatangani tiga perjanjian untuk lebih meningkatkan hubungan kedua negara usai pertemuan bilateral di Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Ketiga perjanjian tersebut adalah Memorandum Saling Pengertian bidang Konsultasi Bilateral, Persetujuan Bebas Visa (PBV) Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas serta Kerjasama Ekonomi dan Teknik (KSET).

"Penandatanganan ini merupakan capaian penting dalam hubungan bilateral RI-Lithuania yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kerjasama kedua negara," kata Menlu RI.

Pada pertemuan bilateral, Menlu RI secara khusus meminta Lithuania untuk mendukung upaya memperoleh fasilitas bebas visa Schengen bagi WNI. Pembebasan visa Schengen diharapkan dapat terus dorong people to people contact antara masyarakat Indonesia dan Lithuania, serta Eropa pada umumnya. 

Selain itu, Menlu kedua negara sepakat untuk tingkatkan kerjasama di berbagai bidang, seperti renewable energy, pendidikan, teknologi telekomunikasi dan informasi serta aviasi.

Di bidang renewable energy, khususnya solar panel, perusahaan Lithuania telah mulai jajaki pengembangan kerjasama dengan berbagai pihak di Indonesia untuk investasi di Indonesia.

Menlu RI dan Menlu Lithuania juga mendorong peningkatan kerjasama bidang pendidikan. Saat ini terdapat beberapa universitas di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan universitas di Lithuania, seperti ITB dan Universitas Vyltautas Magnus dan Universitas Nusa Cendana di NTT dengan Universitas Kaunas.

"Kerjasama semacam ini tentunya perlu untuk terus dikembangkan," ujar Menlu Retno.

Melalui pendidikan, Indonesia ingin memanfaatkan keunggulan Lithuania di bidang industri teknologi komunikasi dan informasi untuk dorong kerjasama peningkatan kapasitas dan kerjasama pendidikan bidang life science, bioteknologi dan juga teknologi informasi dan komunikasi. 

Sementara itu, Menlu kedua negara membahas peluang-peluang peningkatan kerjasama bidang aviasi atau penerbangan pada bidang-bidang yang menjadi kepentingan bersama. Kerjasama ini diharapkan dapat membantu mendorong upaya-upaya Indonesia untuk keluar dari daftar larangan terbang Uni Eropa. 

Menlu Lithuania berada di Jakarta dalam rangka kunjungan resmi selama 3 hari, 26-28 Agustus 2015. Kunjungan ini merupakan kunjungan resmi pertama kalinya bagi Menlu Lithuania sepanjang 23 tahun hubungan bilateral Lithuania-Indonesia.

Hubungan bilateral Indonesia dan Lithuania terjalin sejak tahun 1993. Indonesia menargetkan peningkatan ekspor ke Lithuania hingga USD 55,7 juta pada tahun 2019, meningkat dari USD 24,65 juta di tahun 2014. Peningkatan ekspor tersebut diharapkan dapat didukung oleh menigkatnya ekspor beberapa produk unggulan Indonesia seperti CPO, kopi, technically specified natural rubber (TSNR), produk dari tembakau dan furniture. Nilai perdagangan RI-Lithuania tahun 2014 tercatat  USD 33,35 juta, dengan surplus di pihak Indonesia sebesar USD 15,95 juta.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: