Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Diyakini Miliki Fundamen Ekonomi yang Kuat

Warta Ekonomi -

WE Online, Kupang - Pengamat ekonomi dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang Thomas Ola Langoday menilai Indonesia memiliki fundamen ekonomi yang kuat dengan pertumbuhan ekonomi positif sebesar 4,67 persen meskipun mengalami pelemahan rupiah.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia positif sebesar 4,67 persen di triwulan kedua tahun ini, meskipun rupiah mengalami pelemahan. Ini menjadi fundamen yang kuat bagi ekonomi Indonesia," katanya di Kupang, Jumat (28/8/2015).

Dia mengatakan tidak banyak negara di dunia saat ini yang mengalami pertumbuhan ekonomi positif. Bahkan, banyak negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi negatif mulai dari dua persen hingga minus. Indonesia menempati urutan kelima dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,67 persen.

"Walaupun masih berada di bawah Tiongkok dengan pertumbuhan enam persen tetapi saat ini tidak banyak negara mengalami pertumbuhan ekonomi positif. Sejumlah negara mengalami kemerosotan pertumbuhan ekonomi hingga minus," ujarnya.

Menurut dia, dengan pertumbuhan ekonomi positif maka Indonesia tidak mudah terpengaruh pelemahan perekonomian global. Meskipun mengalami pelemahan nilai rupiah, Indonesia tetap mampu menjaga pertumbuhan ekonominya tetap positif di triwulan II tahun 2015.

Sumber daya alam (SDA) yang melimpah menjadi salah satu kekuatan perekonomian Indonesia. SDA mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri. Dia meyakini Indonesia mampu menjaga pertumbuhan ekonomi positif dan akan mencapai lima persen.

"Pemerintah perlu meyakinkan komponen bangsa bahwa pertumbuhan ekonomi positif meskipun rupiah sedang melemah dan tidak akan berdampak krisis," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: