Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dekopin: Pemerintah Perlu Terapkan Strategi UKM untuk Serap APBN

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menawarkan enam strategi untuk melindungi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia dari dampak pelemahan nilai mata uang rupiah yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Ketua Harian Dekopin Ageng Sudjatmoko di Jakarta, Jumat (28/8/2015), memandang perlu penerapan strategi untuk meningkatkan produktivitas masyarakat.

"Banyak jalan yang bisa ditempuh, di antaranya mempercepat pelaksanaan belanja APBN oleh Pemerintah untuk mendukung dinamika ekonomi dan mendorong kemudahan ekspor produk berbasis sumber daya lokal," katanya.

Selain itu, lanjut dia, perlu ada simulasi untuk mendukung produktivitas rakyat dan takkalah penting mengampanyekan penggunaan produksi dalam negeri.

"Kita juga perlu memperketat masuknya barang impor konsumtif, kecuali untuk bahan baku produk yang berorientasi ekspor dan menggerakkan efisiensi nasional dengan penerapan sanksi," katanya.

Dekopin mencatat selama ini koperasi dan UKM terbukti dapat menjadi penyangga saat krisis ekonomi terjadi. Oleh karena itu, dia berharap kesulitan ekonomi ini menjadi momentum bagi bangkitnya koperasi dan UKM. Apalagi, banyak kelebihan UKM, yaitu produknya yang berbasis lokal dengan pasar yang sangat luas.

"Di samping itu, efisiensi produk UKM umumnya bagus karena bersifat padat karya dan relatif tahan krisis," katanya.

Agung yakin jika strategi yang ditawarkannya dijalankan pemerintah bersama gerakan koperasi dan UKM, akan memperkuat kemandirian ekonomi nasional dan kedaulatan negara. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: