Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Saat Ini Tepat bagi Pemerintah Bangun Infrastruktur untuk Naikkan Ekonomi

Warta Ekonomi -

WE Online, Medan - Pengamat ekonomi Sumatera Utara Wahyu Ario Pratomo mengatakan, langkah Presiden Joko Widodo mendorong dan membangun infrastruktur untuk mempertahankan dan meningkatkan perekonomian merupakan kebijakan yang tepat.

"Saat ini memang saat tepat bagi pemerintah untuk meningkatkan peran besar dalam perekonomian yakni membangun infrastruktur," katanya di Medan, Jumat (28/8/2015).

Selain menyerap tenaga kerja lebih banyak, pembangunan infrastruktur juga akan mendorong geliat ekonomi lainnya seperti investasi dari dalam dan luar negeri. Untuk semakin mendorong investasi, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU) itu mengatakan, pemerintah juga harus mengurangi hambatan koordinasi antarkementerian atau sektoral.

Demikian juga dengan membuat regulasi yang mendukung penetapan anggaran. "Hal penting lainnya untuk meningkatkan investasi asing adalah dengan cara mengeluarkan peraturan yang memberi kemudahan perizinan. Perda (peraturan daerah) yang tidak mendukung harus dicabut," katanya.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumut Ivan Iskandar Batubara mengatakan, pembangunan infrastruktur dipastikan akan menambah daya tarik investor untuk berinvetasi.

"Infrastruktur di Sumut masin minim. Mulai dari sarana jalan hingga listrik dan gas," katanya.

Akibatnya, kata Ivan, investor masih belum terlalu tertarik dengan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki Sumut. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: