Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2016, Pemerintah Akan Bangun Ratusan KM Jalan dan Jembatan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah menyatakan tidak hanya mengarahkan pembangunan infrastruktur di bidang pembangunan konektivitas dan energi. Mulai tahun depan pemerintah juga akan membangun infrastruktur yang dapat menyentuh ekonomi kerakyatan, seperti infrastruktur pertanian, perumahan, air minum, dan sanitasi.

Oleh karena itu, pada tahun 2016 pemerintah berencana untuk membangun 375,9 kilometer jalan; 6.283,9 meter jembatan; serta perbaikan jaringan irigasi dan optimasi air seluas 500 ribu hektar.

"Selain pembangunan infrastruktur lainnya secara menyeluruh," ujar Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro seperti dilansir laman Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Menurut Bambang, hal ini dilakukan karena pemerintah menyadari bahwa alokasi anggaran bidang infrastruktur harus dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sehingga memiliki multiplier effect yang besar serta mendorong penciptaan kesempatan kerja maupun mengurangi kesenjangan pembangunan antarwilayah.

"Untuk menjamin pencapaian berbagai sasaran yang telah direncanakan, pembangunan infrastruktur nasional juga akan melibatkan pemerintah daerah melalui pengalokasian dana alokasi khusus di bidang infrastruktur dan dana desa yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur di perdesaan," jelas Menkeu.

Selain itu, pemerintah juga akan melibatkan badan usaha milik negara (BUMN) melalui berbagai bentuk investasi pemerintah, seperti fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan, termasuk penyertaan modal negara kepada beberapa BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: