Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Potensi Panas Bumi Kerinci Capai 200 Megawatt

Warta Ekonomi -

WE Online, Jambi - Potensi sumber energi panas bumi atau geothermal di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, mencapai 200 megawatt (MW).

Kepala Bidang Geologi pada Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, Karel Ibnu Suratno, di Jambi, Jumat (28/8/2015), mengatakan energi panas bumi di Kerinci tersebut rencananya akan dikembangkan menjadi energi listrik oleh PT Pertamina Geothermal Energi (PGE) sebesar 1x55 MW .

"Diperkirakan potensinya 130 megawatt berada di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan diluar TNKS sebesar 70 megawatt," kata Karel.

Dari potensi energi panas bumi yang ada di Kerinci itu, kata Karel, bisa untuk mendorong peningkatan energi listrik Nasional.

Energi panas bumi tersebut akan terus dilakukan survei untuk mencari potensi-potensi besar yang kemudian dieksplorasi.

Dia menjelaskan, energi panas bumi itu akan dikembangkan untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Kerinci dengan investasi 116,17 juta dolar AS dengan kapasitas 1x55 MW.

"Yang jelas nanti akan dilakukan survei terus dan di eksplorasi untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi yang direncanakan sebesar 1x55 MW," ujarnya.

Selain di Kabupaten Kerinci, lanjutnya, energi panas bumi juga terdapat di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin. Dimana energi panas bumi di Jangkat itu memiliki potensi yang sama dengan Kerinci yakni 200 MW. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: