Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Miliki Potensi Besar dalam MEA

Warta Ekonomi -

WE Online, London - Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, agar tidak kehilangan momentum, Indonesia harus mempersiapkan diri dengan meningkatkan daya saing baik dari infrastruktur, lingkungan investasi, produksi, serta sumber daya manusia.

Hal itu terungkap dalam acara "IABA Alumni Gathering 2015," yang diadakan pelajar Indonesia yang pernah belajar di Inggris tergabung dalam Indonesian Association of British Alumni (IABA) di Financial Hall, Graha Niaga, Jakarta, demikian Ketua Panitia dari acara "IABA Gathering 2015" , Ardhilla Parama Arta, Jumat (28/8/2015).

Dalam acara talkshow yang menampilkan berbagai pengamat pelaku ekonomi dan pembuat kebijakan diharapkan, alumni Britania dapat meningkatkan posisi Indonesia dalam komitmen integrasi ekonomi ASEAN 2015.

Pembicara dalam talkshow itu antara lain Menteri Sekretaris Negara, Prof. Pratikno, Founder of Foreign Policy Community of Indonesia, Dr. Dino Patti Djalal dan Kepala Ekonom Bank Mandiri, Destry Damayanti, SE., MSc. dan Prof. Hikmahanto Juwana, Ketua Umum IABA sebagai moderator.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik mengatakan Indonesia adalah negara yang besar dan mitra Inggris yang penting.

"Adalah sangat penting bagi generasi muda untuk dapat bahu-membahu dalam membangun dan meningkatkan competitiveness Indonesia dikancah internasional," kata dia.

Menurut Moazzam Malik, ada tiga hal yang bisa ditiru dari Inggris yaitu dalam bidang regulasi,infrastruktur, dan pendidikan. Di bidang pendidikan, dapat dilakukan dengan mengirimkan dosen Inggris mengajar sementara di Universitas Indonesia demi meningkatkan mutu pendidikan. Moazam juga mengajak pelajar Britania Raya untuk berkunjung ke Indonesia.

Ardhilla Parama Arta, menyebutkan acara dihadiri lebih dari 300 alumni lulusan kerajaan Inggris , walaupun publikasi hanya berlangsung kurang dari tiga minggu, panitia menerima lebih dari 400 pendaftar dengan variasi peserta berkisar antara lulusan 1960 sampai dengan 2015.

Para peserta berasal dari berbagai profesi, jabatan dan,institusi ini bertemu kembali di malam penuh nostalgia dengan tujuan memperkuat relasi, jaringan dan bertukar gagasan dengan tema "Peran UK Alumni bagi Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015," katanya.

Diharapkannya berbagai acara menyatukan alumni Britania di Indonesia seperti diskusi produktif untuk menyiapkan prajurit bangsa berkelas internasional yang siap tempur dapat dilakukan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. (ZG). (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: