Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kekeringan, Produksi Ikan Budidaya Turun Drastis

Warta Ekonomi -

WE Online, Tulangbawang, Lampung - Produksi ikan budidaya keramba di Kabupaten Tulangbawang Provinsi Lampung menurun drastis diakibatkan kekeringan yang melanda sentra keramba ikan patin di sungai Menggala.

Candra, peternak ikan patin di Menggala, Minggu (30/8/2015), menyatakan dampak kekeringan itu akan membuat produksi ikan dan udang air tawar menurun, begitu juga dengan ikan patin budidaya di keramba.

"Dalam kondisi cuaca ekstrem, secara biologis pertumbuhan ikan tidak cepat, ikan juga jadi mudah stres dan mati. Penurunan produksi ikan itu berlangsung secara alami karena faktor cuaca," ujar dia.

Namun para peternak ikan keramba itu, menurutnya, masih memasok ke sejumlah pasar di Menggala, walaupun kemarau masih berlangsung. Sejumlah warga menyatakan penyusutan air menimbulkan kerugian karena pembenihan banyak yang mati. Sejak musim kemarau pada Mei lalu, sekitar 145 unit keramba areal Sungai Menggala di Kecamatan Menggala Tulangbawang mengalami kekeringan.

Ikan patin banyak yang mati, sedangkan udang banyak yang mengalami stres. Dalam satu hari sebanyak 300 ekor ikan patin yang mati. Menurut Agus, peternak di daerah itu, sebelum kemarau hasil panen ikan patin mencapai 6.000 ekor ikan hingga satu ton.

Setelah kemarau ini, produksi ikan menurun hingga 300 kilogram. "Jauh menurun jika dibandingkan saat sebelum kemarau. Sekarang pendapatan petani ketika panen hanya Rp4,6 juta," ujar agus.

Dia mengungkapkan, dengan perhitungan harga ikan patin Rp18 ribu per kilogram dikalikan 300 kg hasil panen. Dalam kondisi normal panennya bisa dua kali lipat penghasilan mereka, kata Agus pengelola keramba ikan. Hasan peternak ikan di daerah ini mengatakan, penurunan ketersediaan air tawar itu disebabkan air surut dan tidak bisa mengairi keramba maupun air Sungai Menggala. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: