Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penjualan Pertalite Untungkan SPBU

Warta Ekonomi -

WE Online Semarang - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Kota Semarang menyatakan penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite menguntungkan SPBU.

"Menguntungkan karena ternyata peminat BBM jenis pertalite ini sangat banyak sehingga penjualannya bagus," kata Ketua Hiswana Kota Semarang Trianto Cahyo Legowo di Semarang, Minggu.

Sejauh ini, kata dia, sudah ada beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Semarang yang menyalurkan pertalite. Akan tetapi belum seluruhnya.

Beberapa SPBU yang belum ikut memasarkan BBM jenis baru tersebut, lanjut dia, saat ini tengah mempersiapkan sarana dan prasarana.

"Pada dasarnya seluruh SPBU di Kota Semarang menyatakan kesanggupan dan ketertarikannya memasarkan pertalite karena melihat penjualannya yang cukup bagus," katanya.

Menurut dia, beberapa sarana dan prasarana yang dipersiapkan di antaranya tangki dan pipanisasi. Untuk investasi khusus penambahan BBM jenis pertalite sendiri setiap SPBU paling tidak harus mempersiapkan biaya Rp100 juta.

"Apalagi kalau SPBU ini hanya memiliki tangki ukuran kecil kan harus menambah dulu. Selain itu juga pipanisasi. Kalau dari sisi dispenser bisa mengurangi jumlah dispenser yang sebelumnya digunakan untuk premium," katanya.

Sementara itu, saat ini Pertamina sudah meminta kepada para pemilik SPBU untuk segera melakukan penebusan pertalite jika memang penjualannya baik.

"Selama penjualan bagus kami diminta untuk terus melakukan penjualan pertalite ini. Memang sejauh ini masyarakat sangat tertarik menggunakan pertalite," katanya.

Saat ini SPBU yang menyediakan pertalite kebanyakan masih terdapat di kota besar, sedangkan SPBU di daerah kabupaten masih melakukan persiapan sarana dan prasarana.(Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: