Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Media Diminta Ciptakan Pemilih Cerdas

Warta Ekonomi -

WE Online, Palangka Raya - Penjabat Gubernur Kalimantan Tengah Hadi Prabowo meminta pimpinan maupun pelaku media proaktif dan terlibat menciptakan pemilih cerdas dalam pemilihan kepala daerah Kalteng pada 9 Desember 2015.

Keterlibatan tersebut dapat dilakukan dengan memberikan informasi benar dan akurat tentang para calon yang maju di Pilkada Kalteng maupun Kabupaten Kotawaringin Timur, kata Hadi saat ramah tamah dengan seluruh unsur media cetak maupun elektronik tingkat lokal dan nasional di Palangka Raya, Minggu (30/8/2015).

"Jangan hanya memberitakan kunjungan para calon ke beberapa tempat atau bertemu dengan sejumlah tokoh saja. Visi-Misi dan program maupun keberpihakan para calon juga harus diberitakan," tambahnya.

Hadi yang juga menjabat Deputi di Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) itu juga meminta pimpinan dan pelaku media bersabar serta memberikan ruang kepada calon untuk melakukan klarifikasi apabila ada pemberitaan yang menyudutkannya.

Dia mengatakan, dalam proses pilkada sering kali informasi negatif tentang para calon berkembang pesat di masyarakat. Informasi negatif itu terkadang dibuat oleh pesaingnya untuk menjatuhkan salah satu calon dan membuat masyarakat menjadi tidak suka serta tidak memilihnya.

"Di sini lah kejelian dan peran aktif media dalam menyeleksi berita-berita tersebut. Jangan sampai informasi negatif belum dipastikan kebenarannya, langsung diberitakan media tanpa melakukan konfirmasi. Jangan sampai seperti itu," ucapnya.

Penjabat Gubernur Kalteng mengatakan apabila pelaksanaan pilkada tidak dikelola secara baik, maka rawan terjadi konflik yang berujung pada terganggunya pembangunan bahkan mengakibatkan meningkatnya pengangguran dan kemiskinan.

Mewujudkan pilkada yang baik dan sesuai harapan semua pihak serta tidak menimbulkan konflik, bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu maupun pemerintah, melainkan semua pihak termasuk media.

"Kita semua tentu menginginkan pemimpin terbaik yang mampu melanjutkan dan mempercepat pembangunan di Kalteng. Itu bisa tercapai apabila pemilihnya cerdas, dan media memberitakan yang positif agar pilkada berjalan lancar serta kondusif," demikian Hadi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: