Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mau Mulai Bisnis? Ini Saran Pendiri Go-Jek

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) Go-Jek Nadiem Makarim mengingatkan pelaku startup agar jangan terlalu mengandalkan opini pribadi.

"Jangan percaya opini kita benar, giliran kita merasa tahu itu mulai bahaya," jelasnya, belum lama ini.

Nadiem memaparkan perusahaan jasa transportasi yang didirikannya merupakan bentuk adaptasi yang dilakukannya terhadap kebutuhan masyarakat.

"Terus terang saja, kita tidak mengandalkan business plan. Business plan mendadak bisa berubah dalam hitungan hari, jadi B, lalu jadi C. Yang penting itu seberapa cepat lu adaptasi dengan kebutuhan masyarakat," sambungnya lagi.

Nadiem yang merupakan jebolan Universitas Harvard tersebut turut menekankan pentingnya mendekatkan diri dengan berbagai kalangan untuk mewujudkan bisnis.

"Ya, saya butuh mereka (pengojek). Saya dekati mereka, saya ajak ngopi, dan kemudian menjadi dekat dengan mereka," tambahnya.

Setelah merangkul ojek pangkalan, lanjut Nadiem, dia mencoba untuk mengenalkan ide Go-Jek. Alhasil, Go-Jek dapat berkembang hingga seperti saat ini. Sekadar informasi, jumlah pengojek yang bernaung di Go-Jek mencapai 50.000 orang.

"Kedekatan saya dengan ojek pangkalan itu membuat saya tahu keluh kesah mereka. Mereka mengatakan penghasilan yang tak pasti selama sehari. Oleh sebab itu, ketika ada penyewa mereka menembak harga. Pengojek awal yang saya rekrut jumlahnya 20. Sekarang telah mencapai 50.000," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: