Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkominfo: 'Cloud Computing' Cocok Diadopsi UKM

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menilai cloud computing cocok untuk diadopsi sektor UKM. Sebagaimana diketahui, belakangan ini sejumlah perusahaan teknologi skala global berlomba-lomba untuk menawarkan solusi bagi para pelaku usaha di tanah air, tak terkecuali lini UKM.

"Salah satu pasar yang potensial bagi adopsi cloud computing adalah UKM. Saat ini terdapat sekitar 55 juta UKM yang bergerak di berbagai segmen bisnis. Sektor ini berpotensi akan terus mengalami peningkatan setiap tahun. Setiap tahun ada pertumbuhan bisnis UKM sekitar 5%. Ini potensi besar bagi adopsi cloud," papar Menkominfo Rudiantara, belum lama ini.

Pria yang akrab disapa RA ini melanjutkan ada tiga hal yang akan dilakukan pemerintah untuk mendorong penerapan cloud computing, yakni mendorong device, network, dan application (DNA).

Dijelaskannya, pemerintah akan melakukan sertifikasi terhadap semua perangkat teknologi informasi (TI) yang beredar di Indonesia untuk mengetahui kualitas dan tingkat keamanannya. Di samping itu pemerintah akan mempercepat proses sertifikasi dari tiga bulan menjadi 14 hari agar ketersediaan device untuk cloud banyak di pasar.

Untuk jaringan, pemerintah nantinya mendorong percepatan pembangunan jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia baik pembangunan infrastruktur fixed dan mobile broadband. Sementara di sisi aplikasi, pemerintah akan mendorong agar hasil karya pengembang (developer) konten dan aplikasi lokal untuk bisa digunakan di berbagai sektor seperti di kelautan, pertanian, dan lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: