Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekonom: Presiden Harus Waspadai Gejolak Malaysia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta -  Ekonom Anton Gunawan menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewaspadai dampak gejolak yang terjadi di Malaysia yang bisa saja menjalar pada stabilitas ekonomi di Tanah Air.

Anton Gunawan setelah diterima Presiden Jokowi di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (31/8/2015), mengatakan ia mengkhawatirkan jika ada investor yang melihat ada kemiripan antara Indonesia dengan Malaysia.

"Kita kan mencoba berhitung-hitung apa saja, mungkin juga enggak dilakukan karena itu juga berbeda. Bahwa mereka dalam gejolak, iya tapi apakah kita masuk ke krisis mungkin bisa saja dipicu masalah politik, sehingga dia ada yang keluar, nah yang dikhawatirkan adalah investor itu melihat beberapa kemiripan, kesamaan bukan dari sisi politik dari sisi sama-sama komoditas basisnya, kepemilikan asing di bonds cukup besar juga," kata Anton.

Namun, ia yakin Indonesia masih relatif lebih baik khususnya dalam hal cadangan devisa yang di atas 107 miliar dolar AS sedangkan Malaysia sudah turun sampai 87 miliar dolar AS dari sebelumnya 140 miliar dolar AS.

Menurut dia, ada perimbangan antara intervensi dengan melihat posisi cadangan devisa meskipun tidak ada angka psikologis angka cadangan devisa harus di atas 100 miliar dolar AS. Oleh karena itu ia menyarankan agar pemerintah terus mendorong capital inflow terutama melalui inflasi.

"Ini supaya mereka (investor) tetap percaya bahwa Indonesia enggak akan jatuh ke dalam krisis. Yang mereka takutkan kan itu. Rupiah juga masih terkontrol walaupun masih agak melemah, tapi relatif masih agak terkontrol," katanya.

Ia juga menyarankan dilakukannya deregulasi atau debirokratisasi minimal untuk aturan-aturan yang tumpang tindih terkait perdagangan dan industri agar lebih sederhana dan cepat. Menurut dia, hal itu merupakan cara menarik melalui bentuk Foreign Direct Invesment (FDI) yang paling aman. (Ant) 

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: