Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Buruh Bakal Kepung Istana Jokowi, Ada Penggulingan?

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua Umum FSP BUMN Bersatu Arief Poyuono mengatakan para buruh akan menggelar aksi besar-besaran di depan Istana Negara, Jakarta, Selasa (1/9/2015). Ia mengatakan aksi 1 September ini dilakukan pada buruh untuk mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar segera melakukan perombakan kabinet (reshuffle) jilid dua.

"Jokowi harus secepatnya melakukan reshuffle kabinet jilid dua yang diprioritaskan menteri-menteri yang berkaitan dengan urusan ekonomi seperti Meneg BUMN, Menteri Perindustrian, Menteri Keuangan, serta mempercepat perbaikan sistem dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok dengan memecat RJ Lino," kata Arief dalam pesan singkat yang diterima redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Arief memastikan aksi kepung istana hanya ingin mendesak presiden merombak para pembantunya dan bukan menggulingkan kepala negara dari singgasananya.

"Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu juga meminta Jokowi tidak perlu phobia akan digulingkan oleh buruh dan rakyat dengan aksi demontrasi 1 September sebagai aksi pemanasan untuk mendukung, menekan, dan mendesak Jokowi serius menyelamatkan ekonomi dan PHK massal bagi kaum buruh, serta memperbaiki sistem jaminan pensiun buruh agar disamakan dengan sistem pensiun PNS dan revisi UU BPJS agar lebih prorakyat," paparnya.

Ia mengatakan pihaknya juga mendukung upaya Polri untuk bisa lebih memberantas pungutan liar (pungli) di sentra-sentra kawasan industri yang banyak merugikan buruh dan pengusaha. "Juga mendesak Jokowi untuk tidak melakukan penjualan aset-aset BUMN," tegasnya.

Disebutkan, aksi turun ke jalan ini terpaksa dilakukan karena kondisi ekonomi Indonesia di era Jokowi tidak kunjung membaik yang pada akhirnya memberikan ancaman akan terjadinya gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran terhadap kaum pekerja.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: