Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Minta Warga Manado Waspadai Investasi Bodong

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara, Dwi Suharyanto meminta masyarakat waspada terhadap investasi "bodong" yang marak di Provinsi Sulut.

"Rupanya penawaran investasi bermasalah alias 'bodong' masih terus marak di Provinsi Sulut, karena itu masyarakat diminta waspada, jangan sampai tergoda," kata Dwi di Manado, Selasa (1/9/2015).

Dwi mengatakan edukasi ke masyarakat sangat penting, bahwa memilih investasi harus cerdas dan jeli, jangan hanya bunga tinggi kita langsung menerima tanpa berpikir panjang lagi.

"Itu sebabnya Otoritas Jasa Keuangan mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan cerdas memilah dan memilih tawaran investasi," jelasnya.

Penawaran investasi ini gencar dilakukan melalui pesan singkat ataw "short messages service" (SMS) yang dikirimkan kepada banyak pihak. Dia katakan penawaran juga kerap disampaikan melalui surat elektronik (e-mail) dan "website". Padahal penawaran tersebut biasanya sudah dinyatakan sebagai kejahatan dengan "skema ponzi".

OJK meminta masyarakat senantiasa waspada, berhati-hati dan bersikap rasional dalam menyikapi penawaran seperti itu. Penawaran tersebut memang belum dapat dipastikan sebagai perbuatan melawan hukum, namun masyarakat perlu memperhatikan adanya potensi kerugian di kemudian hari di balik janji keuntungan yang ditawarkan," katanya.

Karena itu, OJK meminta masyarakat ingat selalu untuk teliti sebelum melakukan transaksi keuangan dan berinvestasi. Pahami manfaat, biaya dan risikonya. Pahami pula apa hak dan kewajiban. Dan pastikan, ada otoritas yang berwenang mengatur dan mengawasi produk dan lembaganya.

OJK juga mengimbau masyarakat memanfaatkan layanan konsumen keuangan OJK untuk mendapatkan informasi mengenai aspek legal perusahaan dan produk yang ditawarkan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: