Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menpar: Jakarta Tuan Rumah 'Travel Mart 2016'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Jakarta terpilih menjadi tuan rumah ajang bursa pariwisata internasional paling bergengsi yang diikuti sellers dari 31 negara yakni PATA Travel Mart (PTM) 2016.

Bursa pariwisata internasional bergengsi ini akan berlangsung di Jakarta pada September 2016 dan akan dihadiri sekitar 600 sellers dari 31 negara dan kurang lebih 1000 buyers dari 49 negara serta diliput lebih dari 100 media internasional.

"Sebagai tuan rumah PTM, kita akan memperoleh dampak langsung ekonomi atau direct economic and tourism dari pengeluaran para peserta selama mengikuti bursa (trading) serta media exposure," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Menpar menjelaskan, dampak langsung yang terjadi di antaranya hotel-hotel di Jakarta akan penuh karena PTM yang berlangsung selama tiga hari itu akan dihadiri lebih dari 1.000 delegasi dari 60 negara.

Selain juga media exposure karena event ini diliput sekitar 100 media internasional di bidang pariwisata.

Di samping itu menurut dia penyelenggaraan PTM 2016 juga menjadi momentum untuk mempromosikan branding Wonderful Indonesia dalam strategi BAS (branding, advertising, dan selling).

Event PTM 2016 merupakan bagian dari branding untuk mempromosikan Wonderful Indonesia ke mancanegara khususnya negara-negara yang menjadi fokus pasar di kawasan Asia Pasifik.

"Kita akan mempromosikan potensi pariwisata Indonesia yang memiliki keunggulan dalam hal keindahan alam (nature), budaya (culture), dan manmade," kata Arief Yahya.

Potensi pariwisata tersebut dikembangkan dalam produk wisata yang memiliki daya saing global, antara lain untuk nature dikembangkan dengan produk wisata bahari, wisata ekologi, dan wisata petualangan. Sedangkan culture dikembangkan dalam wisata heritage dan religi, wisata kuliner dan belanja, dan wisata kota dan desa.

Sementara manmade dikembangkan untuk wisata MICE dan event, wisata olahraga, dan wisata kawasan terpadu (integreted resort). Pihaknya mencatat daya saing pariwisata Indonesia di tingkat global pada 2013 berada di ranking 70, kemudian pada 2015 meningkat berada di ranking 50.

"Target dalam lima tahun ke depan daya saing pariwisata Indonesia akan berada di ranking 30 dunia," katanya.

Target pariwisata pada 2019 di antaranya bahwa pariwisata harus mampu memberikan kontribusi terhadap PDB nasional sebesar 8 persen, devisa yang dihasilkan dari pariwisata Rp240 triliun, serta membuka lapangan kerja sebanyak 13 juta orang.

Sementara penyelenggaraan PTM ke-38 tahun ini akan berlangsung di Bangalore, India pada 6-8 September 2015. Indonesia akan berpartisipasi di PTM Bangalore dengan membawa 10 pelaku bisnis pariwisata dengan menempati paviliun Indonesia di D.23.

Indonesia merupakan negara anggota PATA yang aktif dan pernah menjadi tuan rumah PTM di Bali pada 1985 dan 1989 serta sebagai tuan rumah Konferensi Tahunan PATA 1963 dan 1974 di Jakarta dan 2003 di Bali. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: