Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelindo III Lakukan Restrukturisasi Organisasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Surabaya - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sebagai salah satu BUMN kepelabuhanan yang mengelola 43 pelabuhan di tujuh provinsi di Indonesia merestrukturisasi organisasinya guna menghadapi persaingan global, mendukung peningkatan kinerja logistik nasional.

"Restrukturisasi organisasi ini dilakukan untuk menjawab perubahan organisasi pada saat ini maupun kondisi di masa yang akan datang," kata Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III, Edi Priyanto, di Surabaya, Jatim, Rabu (2/9/2015).

Menurut Edi, organisasi harus bersifat dinamis menyesuaikan perubahan-perubahan yang terjadi sehingga adaptif, antisipatif dan terbuka terhadap perubahan.

"Apalagi pada tahun 2018 mendatang Pelindo III menargetkan menjadi 'emerging industry leader' melalui layanan 'full handling terminal system & logistic integration' serta 'integrated industrial port estate'," ucapnya, menambahkan.

Dengan restrukturisasi tersebut maka organisasi Pelindo III diharapkan lebih modern, ramping, kaya fungsi dan efektif. Restrukturisasi itu, katanya mencontohkan, manajemen Pelabuhan Tanjung Perak kini fokus pada penguatan manajemen bisnis. Pelabuhan Cabang Tanjung Perak yang semula hanya ada satu Deputi General Manager, ditambah dengan Deputy General Manager Bidang Penunjang Operasi serta Manager Pemasaran serta Pengembangan Usaha.

"Penguatan sumber daya manusia di bidang pemasaran ini diharapkan dapat mempercepat layanan dengan mengintegrasikan semua terminal di Pelabuhan Tanjung Perak yang merupakan gerbang penting untuk logistik kawasan Indonesia Timur," tuturnya.

Perubahan organisasi tersebut juga sebagai salah satu upaya Pelindo III meningkatkan pangsa pasar bongkar muat dan meningkatkan pelayanan operasional.

"Organisasi pada kantor cabang lebih fokus pada kegiatan bisnis dan operasional, sehingga beberapa fungsi pendukung di manajemen secara bertahap akan ditarik ke Kantor Pusat," tambahnya.

Seiring terus meningkatnya investasi yang harus direalisasikan, lanjutnya, maka fungsi investasi yang semula juga dilaksanakan oleh cabang, nantinya akan dilaksanakan oleh Kantor Pusat.

Selanjutnya, perusahaan akan membentuk fungsi "project management office" yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan investasi teknik perusahaan.

Menurut Edi, karakter manajemen yang baru di Pelindo III diharapkan akan meningkatkan daya saing perseroan. edangkan restrukturisasi organisasi ini dilakukan dengan melibatkan konsultan independen dan sistem "assessment" transparan untuk memperbarui organisasi yang sesuai dinamisasi internal dan eksternal perusahaan.

"Perubahan ini berorientasi jangka panjang. Penataan ulang pada dasarnya untuk memastikan lagi usaha perwujudan visi dan misi perusahaan, memperbaiki kualitas layanan kepada pengguna jasa, meningkatkan kinerja dan sejalan dengan tekad pemerintah memperbaiki kinjerja logistik nasional," demikian Edi Priyanto, menandaskan.

Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berwewenang dan bertanggung jawab mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 10 anak perusahaan dan afiliasi.

Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut.

Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, diharapkan mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi masyarakat dan nasional. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: