Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IMF: Ada Lima yang Harus Dijaga dalam Kebijakan Ekonomi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Indonesia (BI) bersama Dana Moneter International (IMF) hari ini, Rabu (2/9/2015), menggelar konferensi internasional yang bertajuk "The Future of Asia's Finance: Financing for Development 2015."

Dalam sambutannya, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengingatkan bahwa kebijakan ekonomi harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara, sehingga tidak bisa disamakan. Namun secara garis besar, dia berpesan, ada lima hal yang perlu tetap dijaga dalam kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian.

"Pertama, memperkuat baris pertahanan pemerintah melalui kebijakan fiskal dan kedua, mengendalikan pertumbuhan kredit agar tidak terlalu berlebihan," ujar Lagarde dalam sambutan pada konferensi internasional tersebut di Gedung BI Jakarta.

Selanjutnya, tambah Lagarde, pemerintah perlu menjaga fluktuasi nilai tukar, menjaga kecukupan cadangan devisa dan terakhir, membangun pengawasan dan pengaturan sektor keuangan yang solid.

"Untuk itu, pentingnya pemerintah di setiap negara berpegang pada 4-I yaitu Inovasi, Integrasi, infrastruktur dan inklusifitas," tandasnya.

Sekadar informasi, pembahasan dalam konferensi BI-IMF ini dibagi ke dalam tiga subtema, yaitu financing for development, mobilizing resources for development, dan financial deepening and inclusion. Dari konferensi tersebut dapat disarikan bahwa permasalahan utama dalam pembangunan, khususnya di tengah gejolak ekonomi saat ini adalah soal pembiayaan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: