Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkom Fasilitasi TI Pembelian Tiket Garuda di Indomaret

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk melalui anak usahanya PT Finnet, memfasilitasi pembayaran pembelian tiket PT Garuda Indonesia melalui 11.400 gerai Indomaret yang tersebar di seluruh Tanah Air.

"Mulai hari ini (Rabu, 2/9), melalui fasilitas teknologi informasi, pembayaran pembelian tiket Garuda sudah bisa dilakukan di seluruh gerai Indomaret," kata Direktur Enterprises & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin, di Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Menurut Awaluddin, kerja sama ini merupakan sinergi kompetensi dari ketiga pihak, yaitu Telkom menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (ICT), Indomaret menjadi "chanel" pembayaran tiket, sedangkan Garuda merupakan perusahaan jasa transportasi yang memiliki reputasi baik.

"Telkom melalui entitas Finnet dan Infomedia mendukung Garuda memperluas kanal 'contact center' dan menjadi payment agregator. Indomaret ini menjadi kanal pembayaran pertama nonbank bagi Garuda," tutur Awaluddin.

Sementara itu, Direktur Niaga Garuda Handayani mengatakan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut sinergi antara Garuda dengan Telkom untuk pemesanan tiket melalui "call center" Garuda 80418071807 yang diselenggarakan Indomedia.

Selama ini pembayaran tiket hanya dapat dilakukan melalui kartu kredit dan ATM di 18 bank, namun sekarang sudah bisa melakukan pembayaran di seluruh gerai Indomaret di seluruh Indonesia.

"Dengan banyaknya gerai Indomaret, diharapkan seluruh calon penumpang Garuda semakin mudah dan nyaman mengakses layanan kami, termasuk pada lokasi-lokasi yang tidak terjangkau internet dan ATM," ujar Handayani.

Ia pun menargetkan dari kerja sama tersebut setidaknya sebanyak 20 persen calon penumpang Garuda dapat melakukan pembayaran tiket melalui gerai Indomaret.  Direktur Marketing Indomaret Wiwiek Yusif mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud komitmen Indomaret selalu memberikan kemudahan kepada pelanggan.

Penumpang Garuda lebih dimudahkan karena layanan pembayaran tiket ini sudah dapat dinikmati di lebih 11.400 gerai Indomaret yang tersebar di kota-kota di Jawa, Madura, Bali, Lombok. Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Ia menjelaskan, dalam satu bulan terdapat 150 juta transaksi di Indomaret. Setidaknya 10 persen atau sekitar 15 juta di antara pelanggan Indomaret sudah terbiasa melakukan pembayaran "virtual".

Selain pembayaran tiket, juga nantinya dapat membayar tiket berdasarkan kode 'booking' yang diperoleh dari laman Garuda.

"Ini melengkapi berbagai layanan di Indomaret seperti, tagihan langganan listrik, token listrik prabayar, tagihan telepon dan air, kredit motor, hingga tiket konser pertunjukan," ujar Wiwiek. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: