Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Di Depan IMF, Gubernur BI Sebut Ekonomi Indonesia Membaik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dalam acara Joint Conference BI-IMF berkesempatan menjabarkan kondisi ekonomi Indonesia di depan Managing Director International Moneter Fund (IMF) Cristine Lagarde.

Dalam penjabarannya, Agus mengatakan, berbagai kebijakan telah dilakukan Bank Sentral dalam menghadapi pelemahan ekonomi global, sehingga kondisi tersebut tidak terlalu berdampak ke dalam negeri.

"Pengetatan moneter sejak 2013, fundamental ekonomi kita mulai mengalami perbaikan. Defisit transaksi berjalan lebih rendah, terjadinya surplus neraca perdagangan dan inflasi yang terkendali," kata Agus saat konferensi tersebut yang berlangsung di gedung BI, Jakarta, Selasa (2/9/2015).

Agus menilai, pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah sangat penting guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di dalam negeri secara berkelanjutan. Tercatat, pemerintah mengalokasikan anggaran infrastruktur pada tahun ini sebesar Rp 290 triliun.

"Proyek-proyek harus dilakukan secara hati-hati. Dukungan investor berdampak pada pembiayaan jangka panjang untuk pembangunan infrastruktur," ucapnya.

Agus menjelaskan, ‎pembiayaan infrastruktur dapat bersumber dari mana saja. Misalnya APBN, investasi swasta, dan bisa melakukan skema kerjasama swasta dan pemerintah(pubblic privat partnership/PPP).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: