Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KPPU: Pemerintah Perlu Turun Tangan Percepat Serapan Anggaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Nawir Messi meminta pemerintah untuk membuat kebijakan jangka pendek yang memuat serapan anggaran daerah segera dipercepat.

"Dana yang sudah turun di daerah harus segera digunakan. Untuk itu, perlu turun tangan dari pemerintah pusat supaya lebih cepat penyerapannya," kata Nawir Messi usai diskusi terkait dengan krisis ekonomi di Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Menurut dia, tidak baik apabila menyimpan anggaran daerah lama-lama di bank, apalagi itu dana yang turun dari pemerintah pusat.

"Tangkap saja apabila ada oknum yang menahan anggaran daerah untuk disimpan lama di bank, itu salah, karena berharap mendapat persenan dari bank," katanya.

Yang dimaksud kebijakan jangka pendek adalah ketentuan yang bisa memuat perubahan besar namun dalam waktu yang singkat, seperti mendorong pemulihan daya beli masyarakat dan memberikan kesempatan kerja dari pengembangan proyek pemerintah.

"Infrastruktur atau kebijakan jangka panjang memang perlu. Namun, yang lebih dibutuhkan pada saat ini adalah perencanaan jangka pendek agar krisis tidak makin parah," katanya.

Ia menegaskan bahwa paket kebijakan harus konkret dan bisa direalisasikan. "Jangan hanya dalam bentuk 'tax allowance' dan 'tax holiday' yang efeknya tidak akan berarti," kata Nawir.

Pengendalian harga kebutuhan pokok serta pengurangan pemutusan hubungan kerja (PHK) merupakan salah satu yang perlu cepat untuk diantisipasi, yang dampaknya langsung berasa pada masyarakat. Kemudian, ekspektasi juga perlu dikelola agar tidak membawa dampak buruk bagi investor karena dengan banyaknya ketidakpastian, menurut dia, akan muncul perhitungan yang sering tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan langsung. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: