Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Percepat Penyerapan Anggaran, Ini Strategi Menteri PU

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan kementeriannya terus melakukan berbagai terobosan untuk percepatan penyerapan anggaran tahun 2015.

Seperti diketahui, hingga 2 September 2015 penyerapan Kementerian PUPR sudah mencapai Rp 38,9 triliun atau  32,74% dari total pagu anggaran dalam APBN Perubahan (APBN-P) 2015 sebesar Rp 118,6 triliun.

"Kita akan terus mempercepat proses tender pelelangan untuk paket-paket yang belum ditender dan dilelang," kata Basuki saat rapat kerja dengan Komisi V DPR, Rabu (2/9/2015), di Gedung DPR, Jakarta.

Selanjutnya, pihaknya akan terus mendorong penyelesaian pembayaran tanah. Untuk hal ini Kementerian PUPR melakukan kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

"Kerja sama ini diharapkan dapat mempercepat penyelesaian tanah khususnya di jalan-jalan tol Sumatera dan Jawa serta jalan-jalan nasional lainnya," tambahnya.

Selain itu, kementeriannya telah mengeluarkan instruksi kepada balai satuan kerja (satker) untuk segera memerintahkan kontraktor dan konsultan untuk melakukan penagihan pembayaran sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

"Kita juga telah mengeluarkan instruksi Menteri Nomor 3 Tahun 2015 tentang khususnya melakukan percepatan penyelesaian 2015, yaitu menambah personel dan alat di lapangan serta jam kerja jadi tujuh hari seminggu dengan dua waktu shift," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: