Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pedagang Hewan Kurban di Bekasi Naikkan Harga 30 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Bekasi - Sejumlah pedagang hewan kurban di Kota Bekasi, Jawa Barat, menaikkan harga jual hingga 30 persen menyusul tingginya permintaan konsumen menjelang Idul Adha 1436 H/2015.

"Saat ini kambing kita jual Rp2.250.000 hingga Rp5 juta per ekor tergantung ukuran. Harganya naik dari tahun lalu Rp1,8 juta hingga Rp2 juta," kata Asmat Fachrudin, penjual hewan kurban di Jalan Baru Underpass, Bekasi Timur, Kamis (3/9/2015).

Menurutnya, kondisi serupa juga dialami harga jual sapi di lapaknya. Harga sapi bali dijual Rp14,5 juta hingga Rp20 juta per ekor dan sapi jawa Rp16,5 juta hingga 40 juta.

"Harga sapi itu tergantung ukuran dan beratnya. Semakin besar, harganya semakin mahal," katanya.

Kenaikan harga itu diklaim Asmat karena semakin tingginya permintaan konsumen menjelang Idul Adha. "Tiga pekan menjelang hari raya Idul Adha, permintaan mulai banyak. Sekarang saja saya sudah menjual 15 ekor hewan kurban, belum termasuk yang sudah dipesan dengan uang muka," katanya.

Asmat menambahkan, seluruh hewan kurban yang disediakannya telah melalui seleksi kelayakan konsumsi. Pemeriksaan hewan kurban ini dilakukan oleh pemerintah setempat untuk memberikan jaminan kelayakan konsumsi bagi konsumen.

Pemeriksaan tersebut meliputi antemortem dan postmortem, mulai penyakit mata, hidung, bulu, hingga penyakit ternak yang sangat membahayakan yakni antraks. "Insya Allah hewan ternak yang kami jual aman untuk dikonsumsi," katanya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: