Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rini Siapkan 'Roadmap' IPO Anak Usaha BUMN

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan sedang menyiapkan program pelepasan saham perdana kepada publik (IPO) sejumlah anak usaha perusahaan milik negara yang akan direalisasikan pada tahun 2016.

"Kita sedang menyiapkan 'roadmap' (peta jalan) gambaran besar IPO anak usaha BUMN. Diharapkan pada tahun depan (2016) ada yang direalisasikan," kata Rini usai menyaksikan penandatanganan sinergi PT PGN, PT Pelni dan PT ASDP Indonesia Ferry dalam memanfaatkan gas bumi untuk transportasi laut, di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Menurut Rini, setelah membahas rencana IPO anak usaha secara menyeluruh, maka akan dilanjutkan dengan penetapan sektor usaha mana saja yang diarahkan untuk IPO.

"Kita lihat gambaran per sektornya," ujar Rini.

Meski begitu ia tidak merinci berapa jumlah anak usaha BUMN yang akan mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia. Ia hanya menjelaskan bahwa dorongan IPO anak usaha BUMN dapat meningkatkan kapitalisasi pasar BUMN di pasar modal.

Sekadar catatan, BUMN publik saat ini mengambil porsi sekitar 30 persen kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia, sehingga telah menjadi penentu pergerakan indeks harga saham di lantai bursa.

Untuk itu tambahnya, Deputi Kementerian BUMN sedang mendetilkan satu per satu anak usaha BUMN yang diproyeksikan bisa IPO.

"Mungkin, nama-nama yang siap IPO akan bisa diketahui bulan depan," tegas Rini.

Sebelumnya sejumlah nama anak usaha BUMN yang akan IPO pada kepemimpinan Menteri BUMN sebelumnya, meliputi PT Pertagas, PT Pertamina Drilling Services, PT Pertamina Geo Energy yang merupakan anak usaha PT Pertamina. Selain itu, juga terdapat nama PT PLN Batam, anak usaha PT PLN (Persero). (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: