Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BTS Telkomsel Siap Operasi Dukung Sail Tomini

Warta Ekonomi -

WE Online, Palu - Berbagai sarana telekomunikasi seluler yang dibangun Telkomsel dengan dukungan PT Telkom Indonesia untuk kepentingan Sail Tomini 2015 telah selesai dikerjakan dan siap dioperasikan bila fasilitas pendukung lainnya seperti listrik sudah tersedia.

"Tiga buah base tranciever station (BTS) yang dibangun di lokasi puncak acara di Pantai Kayubura sudah siap operasi namun masih menunggu suplai listrik sehingga ujicoba baru bisa dilakukan pada 5 September," kata Eko Wahyudi, Branch Manager Telkomsel Palu, Kamis (3/9/2015).

Ketiga BTS tersebut, kata Eko, untuk memperkuat BTS yang sudah ada sehingga bisa menampung 8.000 percakapan, data dan internet dalam waktu bersamaan.

"Kekuatan sinyal ini sangat memadai untuk kepentingan tamu dan undangan serta masyarakat yang akan menghadiri acara puncak Sail Tomini pada 19 September yang diperkirakan mencapai 10 ribu sampai 13 ribu orang," katanya.

Di lokasi yang sama, PT Telkom juga menyediakan 20 "hotspot" internet. Sementara itu pembangunan delapan BTS kecil di jalur Palu-Parigi, khususnya ruas Kebun Kopi, kata Eko, juga sudah selesai dan sedang dalam tahap uji coba dan diharapkan sudah berfungsi maksimal pada 10 September 2015.

Dengan pemasangan delapan BTS ini, maka sepanjang jalur Kebun Kopi hampir tidak ada lagi titik tanpa signal Telkomsel, ujarnya.

Dukungan penguatan signal Telkomsel untuk Sail Tomini juga dilakukan di kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Togean untuk mengantisipasi kunjungan Presiden dan tamu-tamu VIP dan VVIP dari dalam dan luar negeri di kawasan wisata selam unggulan Sulteng itu.

"BTS di Wakai sudah kami optimalisasi sedangkan di Pulau Kadidiri masih terkendala izin pengelola kawasan wisata dan juga Badan Lingkungan Hidup setempat," ujarnya.

Sementara optimalisasi seluruh BTS di dalam kota Palu sudah selesai, ujar Eko. Seluruh upaya optimalisasi akses telekomunikasi seluler Telkomsel itu didukung oleh PT Telkom yang membangun jaringan kabel optik sepanjang 13 km antara Parigi dan Kayubura dan 40 km di jalur Kebun Kopi.

Sail Tomini akan dipusatkan di Pantai Kayubura, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, sekitar 75 kilometer tenggara Kota Palu dan puncak acara pada 19 September 2015 yang akan dihadiri Presiden Jokowi dan tamu-tamu negara serta pengunjung yang diperkirakan antara 10.000 smapai 13.000 orang. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: